Dark/Light Mode

Cucu Sudah Divaksin, Masa Kakek-Nenek Belum?

Jumat, 24 Desember 2021 08:34 WIB
Program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SDN 02 Ciater, Tangerang Selatan, Selasa (14/12/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SDN 02 Ciater, Tangerang Selatan, Selasa (14/12/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia memang menunjukkan tren yang terus meningkat. Namun sayangnya, vaksinasi kelompok rentan seperti orang dengan lanjut usia (lansia) masih rendah karena berbagai kendala.

Akun @perupadata mengungkapkan, ada 14 provinsi dengan capaian vaksinasi lansia dosis 1 yang masih di bawah 50 persen. Papua mencatatkan capaian vaksinasi lansia terendah (13 persen dosis 1 dan 9,5 persen dosis 2).

“PR masih dihadapi dalam memvaksin kelompok lansia. Setelah hampir satu tahun digulirkan, vaksinasi lansia secara nasional baru mencapai 61 persen dosis pertama dan 39 persen dosis kedua,” beber @perupadata.

Baca juga : Putin Sudah Disuntik Vaksin Booster, Katanya Nggak Sakit

Akun @owen_lamoto mengungkapkan, vaksinasi lansia secara nasional tidak mudah karena berbagai halangan. Di antaranya banyak lansia yang darah tinggi, diabetes dan penyakit-penyakit lainnya sehingga tidak dapat divaksin.

“Vaksinasi lansia harus terus digenjot. Pemerintah Daerah (Pemda) harus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membujuk lansia segera divaksin,” ujar @inipuzzle.

“Ayo ajak lansia di sekitarmu ikut vaksinasi Covid-19,” sambung @AriefRohman_838.

Baca juga : Hore! WNI Yang Sudah Divaksin Bisa Ke Singapura

Akun @silentsparrow menilai rendahnya capaian vaksinasi lansia di Papua masih bisa ditoleransi. Yaitu karena terkendala akses dan jarak. “Papua memang jauh, wajar,” katanya. “Bujukin lansia nya itu yang lama,” timpal @evamoa.

Akun @RudiArd6iansyah menegaskan, lansia hukumnya wajib divaksin Covid-19. Lansia, kata dia, masuk ke dalam kelompok sangat rentan tertular virus Corona.

“Yuk, lindungi mereka dengan mengajak mereka ke tempat vaksinasi terdekat,” kata dia.

Baca juga : Cut Syifa, Diledek Kayak Nenek-nenek

Akun @Penyair_Berdiri mengatakan, saat ini sudah mulai banyak daerah yang menggenjot vaksinasi lansia. Dia mendorong agar segera melakukan vaksinasi untuk menurunkan risiko terinfeksi Covid-19 serta mengurangi perawatan dan kematian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.