Dark/Light Mode

SMRC Unggulkan Ganjar

Duet Prabowo-Puan Tidak Menggiurkan

Rabu, 29 Desember 2021 07:50 WIB
Prabowo Subianto dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto-Puan Maharani terus dijodoh-jodohkan. Lalu, seberapa kuat jika duet ini terwujud? Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyimpulkan, duet ini tidak menggiurkan dan rawan ditumbangkan oleh Ganjar Pranowo.

Temuan ini dipaparkan oleh Direktur Eksekutif SMRC, Sirojuddin Abbas dalam rilis bertajuk ‘Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional’, kemarin.

Baca juga : Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Naik, Prabowo Stagnan

Dalam survei itu, elektabilitas tak terpengaruh signifikan ketika disimulasikan melawan paslon Prabowo-Puan. Bahkan, ada kecenderungan Ganjar bisa di atas Prabowo, jika calon hanya mereka berdua. Meskipun selisihnya tipis.

“Ganjar tidak terpengaruh oleh pencalonan Prabowo oleh PDIP maupun pencalonan Prabowo-Puan oleh PDIP,” kata Sirojuddin.

Baca juga : Selain Ganteng, Pria Wangi Lebih Menarik

Pada eksperimen pertama, Ganjar dan Prabowo dibikin head to head. Hasilnya, ada 42 persen responden memilih Ganjar. Sementara 40 persen lainnya memilih untuk tidak akan mendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu jika melawan Prabowo di Pilpres 2024.

Eksperimen selanjutnya, Ganjar disimulasikan tidak diusung oleh PDIP. Melainkan diusung oleh partai lain, lalu ia melawan Prabowo yang dicalonkan PDIP.

Baca juga : Peringatan Hari Ibu, Ganjar Pranowo Tulis Puisi Rindu Untuk Ibunya

Hasilnya, Ganjar masih laku keras. Yang mendukung Ganjar masih lebih banyak dari yang tidak. Walaupun beda tipis: 41 persen memilih Ganjar, 39 persen lainnya memilih tak akan mendukung Ganjar.

“Tidak jauh berbeda dengan eksperimen yang pertama,” lanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.