Dark/Light Mode

SMRC Unggulkan Ganjar

Duet Prabowo-Puan Tidak Menggiurkan

Rabu, 29 Desember 2021 07:50 WIB
Prabowo Subianto dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Turun ke bawah memenangkan hati rakyat saat ini lebih penting daripada membuang energi menanggapi berbagai proyek politik percodohan capres-cawapres,” tegasnya.

Sementara, Guru besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Maswadi Rauf menilai pintu PDIP sudah tertutup untuk Ganjar dan bulat mengusung Puan, Tapi di sisi lain, upaya PDIP mendongkrak citra Puan juga belum membuahkan hasil yang signifikan.

Baca juga : Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Naik, Prabowo Stagnan

“Ada kesalahan ini dalam menarik dukungan. Masuknya kurang bagus. Bahkan dari awal sudah memusuhi (Ganjar),” kata Maswadi lewat sambungan telepon tadi malam.

Salah satu kesalahannya, sebut Maswadi, Puan dinilai terlalu agresif menebar baliho dan spanduk. Meskipun tidak membawa embel-embel Pilpres. Tak heran, jika spanduk Puan yang bertebaran di daerah bencana gunung berapi Semeru pun dicibir banyak pihak.

Baca juga : Selain Ganteng, Pria Wangi Lebih Menarik

Sementara Ganjar, semakin diuntungkan oleh sikap PDIP yang kurang manis terhadapnya. Situasi demikian, justru membuatnya memetik banyak simpati dari rakyat.

Sementara sosok Prabowo, sebutnya diyakini tidak akan banyak menolong. Lambat laun elektabilitasnya akan terus menurun. Selain karena faktor sudah terlalu sering nyapres, banyak pendukung garis kerasnya juga sudah putar haluan. Sehingga mantan Danjen Kopassus itu harus menarik dukungan dari ceruk baru, yakni basis pendukung Jokowi dan PDIP.

Baca juga : Peringatan Hari Ibu, Ganjar Pranowo Tulis Puisi Rindu Untuk Ibunya

“Ini salah satu yang merugikan Prabowo, dengan bergabung ke pemerintah. Jokowi dari pesaingnya menjadi bosnya. Pendukungnya pahit itu. Saya pikir ini besar pengaruhnya. Mereka sudah tidak percaya lagi. Saya pikir Prabowo harus mencari pendukung lain,” pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.