Dark/Light Mode

SMRC: Ada Faktor Jokowi Dan Ganjar Pranowo Di Balik Tingginya Elektabilitas PDIP

Rabu, 29 Desember 2021 12:34 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) masih yang tertinggi dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menyatakan, tingginya dukungan publik kepada PDIP tidak bisa dilepaskan dari pengaruh Joko Widodo (Jokowi) dan Ganjar Pranowo.

"Suara PDIP naik signifikan dari 14,03 persen di pemilu 2009, saat Jokowi belum muncul, menjadi 19,3 persen pada Pemilu 2019. Cenderung bertahan bahkan menguat di posisi teratas ditunjang oleh kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi dan kesukaan publik pada Ganjar Pranowo sebagai kader PDIP," ujar Sirojudin, Selasa (28/12).

Baca juga : Duet Prabowo-Puan Tidak Menggiurkan

Dia mengatakan, pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi setelah Pemilu 2014, jauh lebih banyak memilih PDIP. Survei eksperimental membuktikan bahwa PDIP tanpa Jokowi pada Pemilu 2014 akan mendapat suara kurang dari 14 persen.

"Hal serupa terjadi pada Pemilu 2019, Jokowi memberi pengaruh positif dan signifikan pada elektabilitas PDIP. Tanpa Jokowi, partai ini akan mendapat suara kurang dari hasil pemilu, 19,3 persen," urainya.

Baca juga : Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Naik, Prabowo Stagnan

Sirojudin mengatakan, PDIP sekarang memiliki tokoh yang disukai pemilih, yakni Ganjar Pranowo. Kuatnya PDIP dalam beberapa tahun terakhir tidak bisa dipisahkan dengan sosok gubernur Jawa Tengah tersebut.

"Sebesar 46 persen pemilih PDIP beririsan dengan pemilih Ganjar Pranowo, dan hanya 10 persen yang beririsan dengan Puan Maharani," ungkapnya.

Baca juga : Hasil Survei: Mayoritas Pemilih PDIP Pilih Ganjar Pranowo Daripada Puan

Survei ini dilakukan dengan melibatkan 2.420 yang dipilih lewat pengambilan sampel acak berjenjang. Sebanyak 2.062 orang responden yang dapat diwawancarai secara valid. Margin of error survei plus minus 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.