Dark/Light Mode

Tinjau Vaksinasi Booster Di Kepri, Mendagri Puji Kekompakan Binda Dan Stakeholder

Kamis, 13 Januari 2022 21:12 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kabinda Kepri Brigjen RC Gumay saat meninjau pelaksanaan vaksinasi booster, di Kompleks Maha Vihara Duta Maitreya, Kota Batam, Kamis (13/1). (Foto: Humas Binda Kepri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kabinda Kepri Brigjen RC Gumay saat meninjau pelaksanaan vaksinasi booster, di Kompleks Maha Vihara Duta Maitreya, Kota Batam, Kamis (13/1). (Foto: Humas Binda Kepri)

 Sebelumnya 
Ia menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden Jokowi yang telah memulai pelaksanaan vaksinasi booster di Indonesia pada Rabu (12/1)

"Sesuai perintah Presiden RI, maka kita tindaklanjuti dengan melaksanakan launching vaksinasi booster untuk wilayah Provinsi Kepri, dengan prioritas sasaran Lansia dan masyarakat umum," jelasnya.

Baca juga : Besok, KPK Mulai Lakukan Vaksinasi Booster Buat Pegawainya

Vaksin jenis Pfizer diberikan sebagai vaksin booster bagi peserta yang 6 bulan sebelumnya telah mendapat dosis lengkap (primer) vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca.

Ketentuan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor: HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster).

Baca juga : 3 Jenis Kombinasi Vaksin Booster Di Indonesia, Bagaimana Efektivitasnya?

Berdasarkan SE tersebut, sasaran yang telah menerima dosis lengkap (primer) vaksin Sinovac dapat diberikan vaksin booster jenis Pfizer sebanyak separuh dosis atau 0,15 ml. Dosis yang sama juga dapat diberikan kepada sasaran yang telah menerima dosis lengkap (primer) vaksin Astrazeneca. 

Binda Kepri juga akan melanjutkan kegiatan vaksinasi booster ini, besok, Jumat (14/1) dan Sabtu (15/1), di Maha Vihara Duta Maitreya. Kegiatan vaksinasi dosis I terbuka bagi anak dan pelajar usia 6-17 tahun dengan jenis vaksin Sinovac.

Baca juga : Eks Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Dicecar KPK Soal Uang Pelicin Pengajuan Dana PEN Daerah

Sedangkan vaksin Sinovac dosis II terbuka bagi masyarakat usia 6 tahun ke atas, termasuk ibu hamil dan Lansia. Link pendaftaran vaksinasi pada Jumat (14/1/) dan Sabtu (15/1) dapat diakses di https://www.vaksinmaitreya.org/. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.