Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dilantik Sebagai Ketua Umum

Jenri Komit Kembalikan PARKINDO Dari Partai Jadi Ormas

Jumat, 14 Januari 2022 20:55 WIB
Ketua Umum PARKINDO periode 2022-2027 Jenri Sinaga saat Musyawarah Nasional (Munas) yang ke-5 di Grand Cempaka Hotel, Jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (13/1). (Foto: Ist)
Ketua Umum PARKINDO periode 2022-2027 Jenri Sinaga saat Musyawarah Nasional (Munas) yang ke-5 di Grand Cempaka Hotel, Jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (13/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partisipasi Kristen Indonesia (PARKINDO) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) V di Grand Cempaka Hotel, Jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (13/1).

Dalam Munas PARKINDO ke-5 ini, Jenri Sinaga terpilih sebagai Ketua Umum  periode 2022-2027 dengan perolehan suara 24:1 dari 25 DPD yang hadir. Dilakukan pula pelabtikan Pengurus Parkindo Pusat 2022-2027 dan Penandatanganan Berita Acara serta aerah terima Kepengurusan DPP PARKINDO dari Pj. Ketua Umum periode 2015-2020 Mangaranap Sinaga kepada Ketua Umum terpilih periode 2022-2027.

Munas PARKINDO yang digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 ketat ini dimulai dengan ibadah, doa dan berkat. Mangaranap Sinaga, Ketua Panitia Munas V PARKINDO yang juga Pj. Ketua Umum Periode 2015-2020 menyampaikan, pelaksanaan Munas V merupakan kelanjutan yang seharusnya dilaksanakan 2020.

Sebab masa struktur pengurusan Parkindo dari 2015-2020 sudah habis. Namun dikarenakan pandemi, Munas tertunda dan baru bisa dilaksanakannya tahun 2022. Ada 25 DPD dari 27 DPD baik dari wilayah timur Indonesia yakni Papua barat dan wilayah barat yakni Aceh.

Berita Terkait : Bangkitkan Semangat Pemuda, Kementerian PPN Dan Kemenpora Gelar Dialog Nasional

"Saya berharap kepengurusan yang terpilih sesuai dengan tema Munas kita yakni KebijaksanaanNya, menegakkan harkat kemanusiaan, bahwa kita harus membalut luka-luka yang ada pada bangsa ini. Baik dalam kehidupan masyarakat maupun luka yang lainnya. Kita juga berharap konsolidasi berbagai daerah, berharap 34 DPD di setiap Provinsi kita selesaikan dalam 1 tahun," harapnya.

Sekjen PARKINDO Ernes dalam sambutannya mengatakan, organisasi ini dibangun untuk menggalang partisipasi Umat Kristen di Indonesia dalam bidang politik.

"Namun, setelah dulu partai PARKINDO diusung tergabung dalam PDIP, maka sekarang PARKINDO hanya ormas, kita hanya mempersiapkan kader-kader," tuturnya.

Ketua Umum PARKINDO periode 2022-2027 Jenri Sinaga berjanji akan mengemban tugas dan tanggung jawab melaksanakan visi misi PARKINDO bersama-sama dengan pengurus.

Berita Terkait : Aqillah by Ria Hadir Sebagai Bentuk Keseriusan Garap Pasar Fashion

"Saya akan usahakan dengan sebaik-baiknya, setulus hati mengabdikan diri untuk Partisipasi Kristen Indonesia," ungkap Jenri yang juga Kepala Badan Ekonomi Kerakyatan PDI DKI Jakarta.

Dengan terbentuknya formatur kepengurusan, dia berharap PARKINDO jauh lebih maju. Di ingin seluruh pengurus gotong royong bersama membangun aspirasi.

Jenri akan melakukan kpnsolidasi dengan pengurus yang baru untuk membentuk DPD di setiap Provinsi dan juga DPC Di kabupaten kota se-Indonesia. Targetnya pembentukan penguris ini kelar tahun 2022 ini.

"Kami juga akan menampung aspirasi teman-teman yang di daerah, khususnya dengan masih adanya Gereja yang ditutup, kami akan telusuri. Kami siapkan bidang advokasi atau tenaga ahli untuk mendampingi jemaat yang gerejanya ditutup," ungkapnya.

Berita Terkait : Satu Keluarga Tewas Akibat Kebakaran Di Tambora, Jakbar

Selain itu, PARKINDO juga akan mengadakan Rakernas pertama untuk menggenjot Kinerja yang telah mati suri di kepengurusan 2015-2020 dan bahkan menyimpang membentuk partai.

"Sejarah menyatakan dulu memang partai namun sudah tergabung dalam PDIP. Jadi harapan kita biarlah Partisipasi Kristen Indonesia ini tetap sebuah ormas yang ikut membantu umat Kristen dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya," harap Jenri Sinaga yang aktif sebagai staff ahli Ketua DPRD DKI ini. [MRA]