Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hoaksnya Bertebaran

Prabowo Difitnah Pro-Israel

Sabtu, 15 Januari 2022 08:58 WIB
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto lagi diisengin media asing. Prabowo disebut pro-Israel. Akibat pemberitaan ini, banyak pihak yang termakan hoaks.

Media yang memberikan itu adalah The Jerusalem Post. Dalam laporannya pada Selasa (11/1), mereka memberi judul: “How agriculture led Indonesia’s defense minister to talk normalization with Israel”. Artinya: Bagaimana pertanian menuntun Menteri Pertahanan Indonesia berbicara tentang normalisasi dengan Israel.

Media ternama di Israel ini menyebutkan, bahwa upaya normalisasi itu dilakukan lewat kerja sama di bidang pertanian. Normalisasi hubungan ini juga dikaitkan dengan rencana Prabowo untuk maju lagi di Pilpres 2024. Ketum Partai Gerindra ini disebut-sebut ingin memanfaatkan kerja sama Indonesia-Israel ini untuk membuat hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat menjadi lebih akrab lagi.

Baca juga : Prabowo Bagi-bagi Keris

The Jerusalem Post mencatat, Prabowo sempat melakukan pertemuan dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel Eyal Hulata pada sebuah konferensi di Manama, Bahrain, pada November 2021. Dalam acara itu, Prabowo disebut berbincang dengan kuasa usaha Israel, Itay Tagner.

Normalisasi ini, lapor media tersebut, diperkuat oleh pernyataan sosok yang pernah menjabat sebagai Penasihat Menteri Pertanian Israel sekaligus konsultan pertanian, Shmuel Friedman, yang kerja di sebuah pusat penelitian dan pengembangan pertanian di Indonesia. "Ketahanan pangan bagi suatu bangsa tidak kalah pentingnya dengan ketahanan pangan itu sendiri, dan (Prabowo) sangat setuju dengan saya tentang itu," ungkap Friedman.

Friedman juga sesumbar tahu isi pembicaraan terkait normalisasi antara Israel dan Indonesia. Namun, ia menekankan bahwa tidak berkaitan dengan sisi politik. "Saya percaya bahwa hubungan antar negara perlu dimulai dari sana, dengan ketahanan pangan," katanya.

Baca juga : Pakai Ganja, Ardhito Pramono Ditangkap Polisi

Selain Friedman, ada juga nama Joey Allaham. Pebisnis di Indonesia dan Timur Tengah, temannya Friedman. Dia memakai pengaruhnya untuk mempertemukan asisten pribadi Prabowo, yakni politisi Partai Gerindra Sudaryono, dengan agen intelijen Israel, di Budapest pada Mei 2021. Diskusi level tinggi antara Indonesia-Israel pun disebutkan terjadi. Presiden Amerika Joe Biden pun dikabarkan memberi dukungan.

Apakah benar semua kabar itu? Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, membantah bahwa bosnya pernah membahas masalah normalisasi dengan Israel. Baik secara formal maupun informal. Dahnil memastikan, Prabowo teguh membela Palestina, yang sampai sekarang dijajah Israel. 

"Sikap beliau sejalan dengan sikap negara dan konstitusi kita, mendukung kemerdekaan semua bangsa. Dalam hal ini, kemerdekaan Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution seperti yang sudah disampaikan secara terbuka pada forum Manama, di Bahrain," kata Dahnil, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.