Dark/Light Mode

Artsanti Luncurkan Buku Berawal Dari Mimpi

Selasa, 18 Januari 2022 22:31 WIB
Buku Berawal dari Mimpi (kanan) karya Artsanti. (Foto: Istimewa)
Buku Berawal dari Mimpi (kanan) karya Artsanti. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melihat langsung Machu Picchu, Acropolis, dan Persepolis, reruntuhan dari kebudayaan masa silam yang tersembunyi di sudut-sudut bumi, tentu menjadi dambaan banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang beruntung dapat melakukannya. 

Artsanti termasuk yang mendambakan hal itu. Sejak masa remaja, dia sudah bermimpi menengok semua keajaiban dan keindahan alam yang tersaji di muka bumi itu. 

Namun, ayahnya tidak berkenan. “Anak gadis yang baik, sebaiknya tinggal di rumah. Tidak keluyuran,” ungkap Artsanti, mengungkapkan ucapan sang Ayah, seperti dalam bukunya “Berawal Dari Mimpi”.

Baca juga : Sambut 2022, Bank Neo Commerce Luncurkan Produk Teranyar

Karena sangat menyayangi ayahnya, ia mengikuti saran itu. Namun, ia terus mengingat pesan ayahnya yang lain, “jika ingin menengok dunia, kamu harus pergi dengan uang kamu sendiri”. Kata-kata ini yang menggerakkan semangatnya untuk bekerja mengumpulkan uang sendiri. Dengan upaya semacam itu, ia akhirnya berhasil menggapai mimpinya: Berkelana ke Lima Benua.

Di buku “Berawal Dari Mimpi”, Artsanti mengisahkan perjalanannya di Asia, Eropa, Amerika Serikat, Amerika Latin, Australia dan Selandia Baru, serta Afrika. Sebagai perjalanan kontemplatif, ia tak hanya mengunjungi tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Di Belanda ia menyusup ke balik pepohonan walnut, ke kafe-kafe yang tersembunyi di hutan, dan duduk di lapangan rumput menyaksikan anak-anak Belanda berlatih sepak bola.

Ia naik tinggi mendekati puncak Mount Blanc, Eiger, Matterhorn dan Mount Cook, dengan gondola atau helikopter, meskipun pernah pula mencoba mendaki Mount Kilimanjaro menggunakan dengkulnya sendiri. 

Baca juga : Indah Permatasari, Setahun Pernikahan Antara Tawa Dan Air Mata

Artsanti memang menikmati berkelana ke tempat-tempat yang tak banyak orang tertarik mengunjunginya. Saat diminta untuk memilih berkunjung ke New York atau ke Komunitas Amish di Pennsylvania, ia memilih yang terakhir. Saat berkunjung ke Moskow, ia tidak meneruskan ke Saint Petersburg yang sangat terkenal, namun terbang ke Khanty Mansiysk di Siberia.

Artsanti menikmati berkunjung ke tempat-tempat out off the beaten track, seperti ke Batumi, Georgia, di sisi Laut Hitam. Mengunjungi Monumen Jengis Khan di Mongolia atau ke Bandar Anzali di sisi Laut Kaspia. Ia menikmati berdayung di Danau Titicaca di perbatasan Peru dan Bolivia, yang muka airnya sudah lebih tinggi dari puncak Gunung Semeru.

“Melakukan perjalanan itu ziarah kehidupan,” ucap Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, menanggapi perjalanan Artsanti yang dituangkan dalam buku Berawal Dari Mimpi. “Melihat sisi lain dunia, menyelami hidup dengan memberi arti pada setiap pengalaman.” 

Baca juga : Trevo Luncurkan Aplikasi Bikin Aset Kendaraan Jadi Cuan

Menurutnya, Artsanti telah melakukan suatu ziarah tentang arti kehidupan sesungguhnya. Kehidupan yang semestinya selalu dirayakan dalam setiap situasi. “Karena hidup itu berarti,” imbuh Lestari.

Sementara, Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto berpendapat, Artsanti telah berhasil mengekspresikan kisahnya di buku yang ditulisnya ini. “Saya senang mengikuti ceritanya, seolah-olah Bu Arts ada di hadapan saya bercerita dengan penuh antusias, dalam suasana yang menggembirakan,” tutur GM Utut Adianto, yang juga Ketua Umum Percasi itu.

Buku “Berawal Dari Mimpi” telah beredar. Penerbit serta penulisnya sepakat, setiap satu buah buku yang terjual, sebuah buku yang sama akan dibagikan kepada remaja di Indonesia agar mereka juga berani bermimpi dan berusaha untuk menggapainya. Bagi yang tertarik memesan, dapat menghubungi WA business 0812 1002 5046 atau langsung melalui olshop di Tokopedia dan Shopee. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.