Dark/Light Mode

Bursa Pilpres Makin Ramai

Erick Dilirik Parpol-parpol

Rabu, 2 Februari 2022 08:44 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Istimewa).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski masih menyisakan waktu 2 tahun lagi, namun aroma Pilpres 2024 semakin ramai. Banyak tokoh yang potensial jadi capres-cawapres mulai digadang-gadang partai. Salah satu tokoh yang selama ini dilirik parpol adalah Erick Thohir. Menteri BUMN ini dianggap pantas jadi capres atau cawapres karena memiliki segudang prestasi dan beragam karier cemerlang. Baik di dunia profesional, maupun di panggung pemerintahan.

Sejauh ini, sudah ada 3 parpol yang terang-terangan kepincut dengan mantan bos klub Sepak Bola Inter Milan itu. Meskipun elektabilitas Erick belum masuk top three, namun trend keterpilihan yang dimiliki Erick terus mengalami peningkatan. Bila di survei-survei awal, Erick hanya berada di papan terbawah. Kini, secara perlahan-lahan, elektabilitas Erick mulai merangkak naik ke papan tengah, menggeser figur-figur dari tokoh-tokoh parpol.

Di dunia nyata, sudah banyak bermunculan sejumlah relawan yang belakangan ini makin marak mendeklarasikan Erick sebagai capres 2024. Sedangkan di dunia maya, banyak yang menjodohkan Erick dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Komposisinya adalah Ganjar capres, Erick cawapres.

Baca juga : Erick Bakal Dilirik Parpol

Melihat karier Erick yang cemerlang, Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi tak menampik, Erick masuk radar tokoh yang bakal diusung partainya di Pilpres 2024. Erick bersaing dengan nama beken lainnya yang masuk nominasi capres, yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Semua calon yang muncul di survei kami akan lihat dukungannya. Apakah Erick, Ganjar, Anies, dan lain sebagainya,” ungkap Aboe dalam Rakernas PKS 2022 di Jakarta, Senin (31/1).

Anggota Komisi III DPR itu mengatakan, masih banyak waktu menuju pesta demokrasi lima tahunan itu. Dalam waktu 1 tahun 8 bulan, ia yakin bisa mengerek elektabilitas partai dan mendekati sejumlah calon potensial. PKS juga siap dengan parpol manapun, baik nasionalis maupun religius.

Baca juga : 3,3 Juta Dosis Vaksin Pfizer Donasi Amerika TIba Di Jakarta

Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani juga membeberkan ketertarikan partainya ke sosok eks Ketua Timses Jokowi-Amin di Pilpres 2019 lalu itu. Erick masuk radar PPP, bersaing dengan beberapa nama beken lainnya. Mulai dari Ganjar, Anies, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ketertarikan itu, kata Arsul, kemudian dikembangkan dengan mengundang sejumlah tokoh dengan elektabilitas tinggi pada acara internal PPP. Contohnya, Desember tahun lalu, ada empat gubernur yang diundang. Hanya Ganjar yang tidak hadir dalam acara tersebut.

Selain gubernur, ternyata ada menteri yang juga sudah diajak berbicara. “Kami sudah mengundang Pak Erick. Cuma tidak termediakan dengan baik. Nanti kita kasih kesempatan masing-masing,” janji anggota Komisi III DPR itu.

Baca juga : Ganjar-Erick, Duet Maut Politisi Dan Profesional

Sampai saat ini, PPP belum berubah pikiran. Mereka ingin mengusung sosok dari luar partai maju di Pilpres 2024, dan menjadikannya pemimpin Indonesia ke depan. Tentu sikap PPP ini berbeda dengan mayoritas partai lain yang pada umumnya ingin mengusung kader internal partai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.