Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kapolri: Profesi Satpam Mulia, Penting Untuk Bantu Tugas Kepolisian

Rabu, 2 Februari 2022 13:23 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam) di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam) di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam) di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2).

Dalam kesempatan itu, Sigit mengungkapkan, Satpam yang merupakan bagian dari mitra Polri, sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, merupakan profesi mulia.

"Satpam memiliki kewenangan untuk melaksanakan tugas-tugas kepolisian terbatas sebagai bagian dari kegiatan Pam Swakarsa yang telah dibina. Dan tentunya ini sangat penting dalam ikut membantu tugas-tugas kepolisian," ujar Sigit usai memimpin Upacara HUT ke-41 Satpam.

Baca juga : Kontribusi Positif NU Untuk Bangsa Perlu Terus Dijaga

Mantan Kapolda Banten tersebut menjelaskan, kehadiran Satpam diperlukan dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Diingatkannya, Polri tak bisa bekerja sendirian tanpa adanya dukungan dari Satpam. Satpam dengan jumlah personel yang mencapai lebih dari satu juta orang, mampu menciptakan rasa aman bagi para warga.

"Tentunya Satpam menjadi potensi besar yang bisa berkontribusi untuk ikut menjaga stabilitas kamtibmas, khususnya di bidang-bidang tugas terkait pencegahan terhadap potensi-potensi kejahatan yang ada di wilayah tugas masing-masing," tuturnya.

Baca juga : Kementerian ESDM Salurkan Bantuan Untuk Warga Pandeglang

Selain menjaga kamtibmas, Sigit juga menyampaikan apresiasi kepada Satpam lantaran telah ikut berkontribusi serta berperan aktif dalam rangka pengendalian Covid-19 di Indonesia.

"Mulai dari penanganan Covid-19, pendisiplinan protokol kesehatan dan tugas-tugas bagaimana menjaga kamtibmas di wilayah kerja masing-masing agar tidak terjadi gangguan kejahatan," ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Di tengah momentum peringatan HUT ke-41 ini, Sigit juga telah memberikan penghargaan berupa Pin Emas kepada Kosmos, Satpam di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca juga : Luncurin PMO Kopi Nusantara, Perhutani Dukung Pengembangan Bisnis Kopi

Ia dikenal sebagai sosok yang heroik lantaran mencegah pelaku bom bunuh diri masuk ke dalam tempat ibadah tersebut. "Hal-hal heroik seperti ini kita harapkan terus bisa dikembangkan," harap Sigit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.