Dark/Light Mode

Pemenang Tender Formula E Diumumkan

Giring Cs Makin Suuzon

Senin, 7 Februari 2022 08:30 WIB
Petugas berada lokasi yang akan dibangun Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (22/12/2021). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Petugas berada lokasi yang akan dibangun Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (22/12/2021). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

RM.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki perusahaan penggarap proyek sirkuit Formula E sudah terjawab. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengumumkan, pemenang proyek tersebut adalah PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama. Mendengar kabar ini, politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang selama ini doyan nyerang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, semakin suuzon alias buruk sangka. Anak buah Giring Ganesha itu menuding, proses tender tersebut tidak transparan.

Jakpro mengabarkan pemenang tender pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, di Ancol, Jakarta Utara, sejak Jumat (4/2). Namun, nama pemenang tender baru diumumkan ke publik, Sabtu (5/2) oleh Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix 2022 Gunung Kartiko.

Sebelumnya, tender ini sempat terkendala karena tidak ada yang daftar. Padahal, gelaran Formula E Jakarta sudah sangat mepet. Balapan mobil listrik itu, akan digelar 4 Juni 2022. Pada 25 Januari 2022, Jakpro mengumumkan pelaksanaan tender ulang.

Baca juga : KPK Dalami Dugaan Komitmen Fee Formula E Dari Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI

Kartiko tidak menjelaskan berapa jumlah peserta yang mengikuti tender tersebut. Dia hanya mengatakan, penentuan pemenang dilakukan berdasarkan berbagai kriteria penilaian melalui evaluasi dan klarifikasi.

Proses evaluasi dan klarifikasi dilaksanakan tim konsultan pelaksana, tim adhoc procurement perseroan, dan tim Formula E. PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dianggap berpengalaman membangun infrastruktur, seperti jalan layang dan tol. “Mereka memiliki banyak peralatan yang mumpuni dan tenaga ahli yang telah bertahun-tahun berkecimpung di bidang konstruksi," ucapnya.

Kartiko mengklaim, proses tender telah melalui beberapa tahapan seleksi pengadaan yang terbuka dan transparan. Proses tender ulang dilakukan selama 7 hari, termasuk proses klarifikasi ulang dan proses lainnya.

Baca juga : Presiden Minta Menparekraf Segera Lakukan Rebranding Di Danau Toba

Direktur Utama JakPro, Widi Amanasto memastikan, jadwal pelaksanaan Formula E, 4 Juni mendatang, tidak akan terhambat. Sebab, pembangunan sirkuit di kawasan Ancol akan dimulai bulan ini, dan ditargetkan rampung pada April 2022.

Apakah penjelasan JakPro soal tender ini bisa diterima? Juru bicara PSI, Sigit Widodo tidak percaya dengan klaim Jakpro bahwa tender sudah dilakukan secara transparan. Dia mengaku rutin mengecek situs eproc.jakarta-propertindo.com yang memuat proses lelang proyek JakPro, termasuk sirkuit Formula E. Namun, dalam situs hanya ada informasi mengenai gagal tender saja.

"Secara berkala, saya rutin liatin eproc-nya JakPro, tapi tidak ada di situ. Saya lihat tidak ada sama sekali. Ini tendernya di mana, nih? Karena saya liat eproc-nya, jeda antara 25 Januari sampai 5 Februari nggak ada. Tiba-tiba muncul dan diumumkan juga ada pemenangnya," ucap Sigit, curiga, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.