Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keok Sama Anies Di Jakarta

Ganjar Pranowo Mau Garap Basis Massa Pemilih Non Jokowi...

Sabtu, 12 Februari 2022 08:17 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjar Pranowo tak ambil pusing dengan hasil survei teranyar yang menyebutkan Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) pilihan warga ibu kota. Apalagi, surveinya dilakukan di wilayah basis massa Gubernur DKI Jakarta itu.

“Bukan basisnya saja, Pak Ganjar elektabilitasnya nomor dua,” kata Ketua Umum Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania Immanuel Ebenezer kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pria yang akrab disapa Noel itu bilang, survei di tingkat nasional, Ganjar masih di puncak elektabilitas bursa capres. Posisi itu konsisten sejak setahun lalu hingga saat ini. “Kalau survei tingkat nasional, Ganjar posisinya masih di atas. Ini tercermin dalam beberapa lembaga survei, misalnya Litbang Kompas atau lembaga survei lainnya,” tuturnya.

Baca juga : Ganjar Sudah Minta Maaf, Tapi Yang Marah Masih Ada

Noel yakin, seiring berjalan waktu, Ganjar yang disebutnya The Next Jokowi ini semakin diterima di seluruh provinsi. Bahkan, di basis massa non pemilih Jokowi, seperti Sumatera, Jakarta, dan Jawa Barat.

“Masih sangat dinamis. Kami, seluruh simpul relawan, khususnya GP Mania, sudah bergerak di kantong-kantong suara dan basis massa yang bukan pemilih Jokowi,” ungkap Ketua Jokowi Mania (JoMan)ini.

Untuk diketahui, dalam survei bertajuk Survei Evaluasi Kinerja Pemprov DKI Jakarta dan Peta Politik Menuju Pilgub 2024 yang diadakan lembaga survei Populi Center, ada 22 nama yang diajukan sebagai Capres 2024 pilihan warga DKI Jakarta.

Baca juga : Ketika Gus Baha Puji Gaya Ganjar Artikan Lafaz Bismillah Ala Anak Pondok

Dalam pertanyaan terbuka (top of mind) yang diajukan kepada masyarakat DKI Jakarta terkait tokoh yang akan dipilih sebagai presiden jika pilpres dilakukan hari ini. Hasilnya, Anies menduduki posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 29,0 persen. Kemudian disusul Jokowi dengan 20,3 persen, Prabowo Subianto 11,7 persen, Ganjar Pranowo 5,8 persen, dan Sandiaga Uno 2,5 persen

Peneliti Populi Center, Rafif Pemenang Imawan membeberkan survei Populi Center, pada Rabu (9/2) lalu, masing-masing Ridwan Kamil 1,7 persen, dan Basuki Tjahaja Purnama 1,2 persen. Sementara Tri Rismaharini, Andika Perkasa, Erick Thohir, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Najwa Shihab, Gatot Nurmantyo, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga Airlangga Hartarto mendapatkan persentase di bawah 1 persen.

Nama tokoh lain mendapatkan persentase di bawah 1 persen. Adapun sebanyak 22,8 persen responden tidak merespons pertanyaan ini/masuk kategori tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga : Jadi Ketum Sahabat Ganjar, Gus Nahib Janji Menangkan Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Sementara dalam simulasi 10 tokoh capres, Anies kembali menduduki posisi teratas dengan persentase 34,8 persen. Disusul Ganjar dengan 18,2 persen, Prabowo 14,0 persen, Sandiaga 6,7 persen dan Ridwan Kamil 6,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,3 persen, Jenderal Andika Perkasa 4,2 persen, Erick Thohir 3,7 persen, Airlangga Hartarto 1,5 persen, dan Puan Maharani 0,5 persen. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.