Dark/Light Mode

Putra Bung Karno Dukung dr Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 22 Februari 2022 19:40 WIB
Mohammad Guntur Soekarnoputra (Foto:Ist)
Mohammad Guntur Soekarnoputra (Foto:Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra pertama dari Soekarno dan Fatmawati, Mohammad Guntur Soekarnoputra mendukung pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada dr Soeharto, dokter pribadi Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

"Saya sangat setuju dr Soeharto dijadikan Pahlawan Nasional," kata Guntur dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional yang diadakan secara hibrida di Jakarta, Selasa (22/2).

Baca juga : Relawan BP2M Deklarasikan Diri Dukung Puan Jadi Presiden

Dalam seminar itu, Abang dari Megawati Soekarnoputri ini menyebut dokter Soeharto adalah sosok yang sangat penting bagi ayahnya, Presiden Soekarno. "Dokter Soeharto itu seorang yang berani pasang badan untuk keselamatan Bung Karno," ujarnya.

Ia menceritakan, saat Belanda datang lagi dengan membonceng sekutu, Soekarno adalah orang yang paling dicari dan akan dibunuh. Sehingga, harus melakukan penyamaran dan berpindah-pindah tempat. Salah satu tempat yang paling aman buat Bung Karno adalah di kediamannya dokter Soeharto di Jalan Kramat Raya yang sekarang menjadi apotek. "Di sana Bung Karno menginap malam-malam dari kejaran NICA," kata Guntur dikutip Antara.

Baca juga : Kapolri Ingin Solo Smart City Jadi Role Model Pelayanan Berbasis Teknologi

Sementara Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, hubungan yang baik antara dokter Soeharto dan Tabib Sher membuat beberapa petinggi sekutu membantu upaya menyelamatkan Bung Karno ketika mobilnya dicegat Tentara NICA dengan kepungan senjata.

"Ketika NICA gagal membunuh Bung Karno karena bantuan tentara Sekutu yang berasal dari India, maka NICA melampiaskan kemarahannya dengan merusak mobil Bung Karno yang diperolehnya dari sumbangan dokter Suharto," kata Hasto. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.