Dark/Light Mode

Gempa Pasaman Sumbar Terasa Hingga Negeri Jiran

Jumat, 25 Februari 2022 10:52 WIB
Gempa di Pasaman Sumbar berkekuatan 6,2 Magnitudo. (Foto BMKG)
Gempa di Pasaman Sumbar berkekuatan 6,2 Magnitudo. (Foto BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi magnitudo (M) 6,2 terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Getaran gempa dilaporkan turut dirasakan hingga ke negeri jiran.

Baca juga : Gempa M6,2 Guncang Pasaman Sumatera Barat, Getaran Terasa Hingga Malaysia Dan Singapura

"Tidak berpotensi tsunami," demikian tulis BMKG melalui akun Twitter resminya, @infoBMKG, Jumat (25/2/2022).

Gempa terjadi pada pukul 08.39 WIB. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Getaran gempa dirasakan hingga ke Malaysia dan Singapura.

Baca juga : Hormati Jasa Pahlawan, Sahabat Ganjar Banjarnegara Pugar Makam R. Natanegara

"Gempa Pasaman M6,2 ini dirasakan hingga jauh karena memang groundmotion cukup kuat dan direspons tanah lunak dan teramplifikasi hingga dapat dirasakan di Malaysia," kata Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami pada BMKG Daryono melalui akun Twitter pribadinya @DaryonoBMKG, Jumat (25/2/2022).

Sementara itu, berdasarkan laporan dari situs resmi BMKG, sejumlah daerah yang turut merasakan guncangan gempa yakni, Pasaman dengan skala MMI V; Agam dengan skala MMI IV; Bukti Tinggi dengan skala MMI IV; Padang Panjang dengan skala MMI IV.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.