Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Pelatihan Kerja, Diageo Gandeng Britcham

Kamis, 17 Februari 2022 19:07 WIB
Peluncuran program Learning for Life. (Foto: ist)
Peluncuran program Learning for Life. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diageo Indonesia gandeng Kamar Dagang Britania Raya Indonesia (BRITCHAM Indonesia) menggelar program Learning for Life di Indonesia.

Program Learning for Life adalah bagian dari komitmen Society 2030, yaitu rencana 10 tahun Diageo untuk menciptakan dunia yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Melalui Learning for Life, Diageo mendukung para pekerja di berbagai negara dalam mengasah keterampilan dan meningkatkan kesempatan kerja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik kerja sama ini. Menurut dia, setiap negara di dunia telah menderita dan akan bersaing ketat untuk mendapatkan kembali pangsa pasar pariwisata global. 

“Kita harus bisa bersaing dan menjadi lebih baik termasuk dari segi kreativitas dan keunggulan. Saya senang mendapat kesempatan ini dan menyambut inisiatif Diageo dan British Chamber. 

Menurut Sandiaga, Learning for Life merupakan sebuah hal yang mengesankan. Pertama, karena target dari program ini adalah orang dewasa muda yang telah diberhentikan dari industri pelayanan dan perhotelan. 

Baca juga : Bamsoet Dorong Penyelesaian Konflik Wadas Secara Dialogis Dan Humanis

Kedua, kata Sandiaga, tujuan dari program ini yaitu meningkatkan standar pelayanan dan keterampilan. Dan ketiga, program ini memberikan pemahaman kritis yang lebih baik tentang bagaimana bisnis pelayanan dan perhotelan bekerja. 

“Kesempatan yang fantastis ini, juga kemitraan antara Diageo dan British Chamber, sangat penting bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

Saat pulih, lanjut Sandiaga, perlu membangun kembali hubungan pariwisata dengan Inggris. Learning for Life, program peningkatan keterampilan belajar yang dilaksanakan oleh merek Inggris, merupakan hal yang tepat karena akan menarik perhatian publik Inggris.

“Selain memberikan dukungan, saya juga ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk berkirim pesan kepada warga Inggris bahwa kami siap dan bersemangat untuk menyambut Anda kembali mengunjungi pesona Indonesia,” bebernya.

Fokus Learning for Life dalam memberi pelatihan kepada tenaga kerja di bidang pariwisata dan hospitality sejalan dengan rencana besar Diageo. Pada tahun 2030 Diageo menargetkan dapat membantu 1,5 juta orang yang bekerja di industri pariwisata dan pelayanan (hospitality) di seluruh dunia. Hingga 2021, Diageo telah menjalankan program Learning for Life dan melakukan berbagai inisiatif pelatihan ketrampilan bagi lebih dari 200,000 pekerja di seluruh dunia.

Baca juga : Airlangga: Pemulihan Sektor Ekonomi Didukung Program Penguatan Digital

“Diageo terus berkontribusi aktif pada industri dimana kami berbisnis, yakni pariwisata dan pelayanan,” ujar Direktur Corporate Relation Diageo Indonesia Dendy A. Borman.

Menurut Dendy, di tengah pandemi yang dihadapi oleh semua bangsa di dunia, Diageo ingin memberikan bekal hidup yang bermanfaat bagi para pekerja di sektor ini. Pelatihan Learning for Life akan memfokuskan pada ketrampilan-ketrampilan yang dapat digunakan oleh anak muda. 

“Ketrampilan ini membuka akses diterima bekerja atau menjadi wirausaha dan mendapatkan pendapatan yang lebih baik,” bebernya.

Executive Director BRITCHAM Indonesia Chris Wren sangat antusias menyambut kerja sama ini. Pihaknya sangat menghargai semangat Diageo yang membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pekerja Indonesia dalam mengelola industri pariwisata dan pelayanan. 

Diageo bermitra dengan BRITCHAM untuk memfasilitasi pelatihan dan menyampaikan praktik-praktif terbaik tentang ketrampilan dasar yang perlu dikuasai pekerja agar bisa mengidentifikasi kesempatan bekerja dengan penghasilan yang baik, terutama di tengah pandemi yang penuh tantangan.

Baca juga : Gelar Kenduri Tani, Baristan Bojonegoro Dukung Gus Muhaimin Presiden 2024

Program Learning for Life akan memfasilitasi pelatihan bagi 200 pekerja di sektor pariwisata dan hospitality, dengan fokus pelatihan pada penguasaan Bahasa Inggris serta bisnis dan akunting. Kesempatan ini akan diberikan kepada mereka yang baru saja lulus sekolah (kejuruan) dan para pekerja junior dengan masa kerja kurang dari 24 bulan yang terdampak PHK karena pandemi.

Selain memberikan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan di industri pariwisata dan pelayanan, Diageo Indonesia and BritCham Indonesia juga merencanakan program sertifikasi ketrampilan dan peluang penempatan kerja. 

Program Learning for Life akan berlangsung di Jakarta dan sekitarnya pada Februari-Mei 2022. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.