Dark/Light Mode

BMKG: Hujan Lebat Akibat Bibit Siklon Tropis

Sabtu, 12 Maret 2022 21:46 WIB
BMKG:  Hujan Lebat Akibat Bibit Siklon Tropis

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau bibit siklon tropis 90S yang terbentuk di sekitar Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, yang menyebabkan hujan sedang hingga lebat di sejumlah daerah selama 24 jam ke depan. 

Dalam keterangan tertulisnya Sabtu (12/3), BMKG melaporkan daerah yang diprediksi hujan lebat, yaitu Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung. Sedangan hujan sedang hingga lebat juga perlu diwaspadai di daerah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, di Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca juga : Kisah Perempuan Hebat Pilot Helikopter Pembom Air APP Sinar Mas

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, keberadaan bibit siklon dengan kecepatan angin maksimum 25 knot (46 km/jam) itu juga menyebabkan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Samudera Hindia Selatan Jawa.

Adanya  potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG mengimbau  masyarakat untuk menghindari kegiatan pelayaran di wilayah perairan yang terdampak, dan menghindari daerah rentan mengalami bencana seperti lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon yang mudah tumbang, dan tepi pantai.

Baca juga : Gempa Pasaman Terjadi Akibat Aktivitas Sesar Sumatera, Tak Berpotensi Tsunami

Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai potensi dampak seperti banjir/bandang/banjir pesisir, tanah longsor dan banjir bandang terutama di daerah yang rentan. Sementara para pemangku kepentingan yang terkait kebencanaan diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya.[MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.