Dark/Light Mode

Hadiri Peluncuran Rute Ekspor RI-China

BKS Tantang Bos Kapal Jadi Pemain Rute Global

Selasa, 15 Maret 2022 06:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri peluncuran perdana rute ekspor Indonesia – China, Senin (14/3) di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Priok.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri peluncuran perdana rute ekspor Indonesia � China, Senin (14/3) di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Priok.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menantang pelaku bisnis pelayaran, khususnya para pemilik kapal untuk membuka rute internasional. Langkah ini dibutuhkan untuk mengerek daya saing logistik Indonesia.

Tantangan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Baca juga : Anies Bicara Karier Dan Rekam Jejak

“Saya mengajak perusahaan pengiriman berani melakukan ekspansi global dengan rute langsung ke negara lain,” tegasnya saat menghadiri peluncuran perdana rute ekspor Indonesia- China, yang dilakukan PT Meratus Line bekerja sama dengan operator pelabuhan Pelindo di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin.

BKS-sapaan akrab Budi Karya memastikan, Pemerintah terus berupaya untuk menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi hub logistik, dan memiliki mitra usaha pelayaran dengan jaringan luas dan terkoneksi dengan negara-negara lain.

Baca juga : Industri Berorientasi Ekspor Meningkat, Asuransi Perdagangan Jadi Kebutuhan

Sehingga, produk-produk Indonesia nanti bisa menjelajah dan masuk ke rantai pasok global. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing logistik nasional.

“Kami berharap pelayaran di Indonesia akan terus tumbuh dan memberikan kontribusi, khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan mendukung kelancaran distribusi logistik ke berbagai negara,” ujarnya.

Baca juga : Tokoh Agama Di Jatim Ikut Vaksinasi, Kapolri: Jadi Penyemangat Kita Semua

Ia berharap, kegiatan ekspor perdana ini menjadi awal yang baik. Ke depan diharapkan okupansinya semakin maksimal. Dan, semakin banyak negara tujuan ekspor seperti Korea Selatan, Jepang, Eropa, Amerika, dan Timur Tengah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.