Dark/Light Mode

Hadiri Peluncuran Rute Ekspor RI-China

BKS Tantang Bos Kapal Jadi Pemain Rute Global

Selasa, 15 Maret 2022 06:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri peluncuran perdana rute ekspor Indonesia – China, Senin (14/3) di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Priok.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri peluncuran perdana rute ekspor Indonesia � China, Senin (14/3) di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Priok.

 Sebelumnya 
“Kuncinya adalah kolaborasi. Kami siap membantu melakukan lobi internasionalnya. Karena, kalau kita berjalan sendiri-sendiri sulit untuk bersaing dengan pemain dunia. Tapi kalau kita kompak akan diapresiasi negara lain,” ucap mantan Dirut Angkasa Pura ll itu.

Chief Executive Officer (CEO) PTMeratus Line Farid Belbouab mengajak para pelaku bisnis lainnya berkolaborasi dalam kegiatan ekspor bersama.

Baca juga : Anies Bicara Karier Dan Rekam Jejak

“Rute baru ini diharapkan dapat membuka prospek baru masa depan yang lebih baik. Terima kasih kepada Pemerintah, mitra dan pelanggan yang telah membantu dalam membuka rute Indonesia-China,” katanya.

Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono mengatakan, pembukaan rute Indonesia-China ini menjadi awal kebangkitan Indonesia dalam meningkatkan pergerakan logistik.

Baca juga : Industri Berorientasi Ekspor Meningkat, Asuransi Perdagangan Jadi Kebutuhan

“Harapan kami ke depannya bisa berkolaborasi dengan shipping operator lainnya baik BUMN maupun swasta,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelayaran rute baru China Indonesia Express (CIX) ini melayani rute Jakarta-Semarang-Surabaya- Qingdao-Shanghai dengan jadwal dua minggu sekali.

Baca juga : Tokoh Agama Di Jatim Ikut Vaksinasi, Kapolri: Jadi Penyemangat Kita Semua

Kapal yang melakukan pelayaran perdana ini menjadi kapal berbendera Indonesia pertama yang berlayar menuju Negeri Tirai Bambu China. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.