Dark/Light Mode

Elektabilitas Kang Emil Di Jabar Dekati Prabowo

Rabu, 16 Maret 2022 23:14 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat bertemu Menhan/Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat bertemu Menhan/Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Charta Politika Indonesia di Jawa Barat menunjukkan, angka kepuasan masyarakat terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil cukup tinggi. Kepuasan terhadap pria yang akrab disapa Kang Emil ini mencapai 70 persen.

Seiring dengan kepuasaan ini, elektabilitas Kang Emil, sebagai salah satu kandidat Capres 2024, juga tinggi. Kang Emil sukses menduduki posisi kedua di Jawa Barat dengan 20,8 persen. Dia hanya kalah dari Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, yang elektabilitasnya mencapai 24 persen.

Baca juga : Terkesima, Ibas Bandingkan Tembok Mural Desa Di Pacitan Dengan Tembok Berlin

Survei ini dilakukan pada 3 sampai 9 Februari 2022 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuesioner terstruktur.

Metodologi yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Margin of error survei plus minus 2,83 persen.

Baca juga : Pegadaian Kanwil IX Jakarta Bantu Korban Banjir di Serang

Selain di Jawa Barat, Charta Politika Yunarto juga melakukan survei di Jawa Timur dan Lampung. Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyebut, ketiga provinsi dipilih karena masyarakatnya cenderung tidak homogen dan jumlah penduduknya banyak. “Nanti mungkin akan ada provinsi-provinsi lain,” ucapnya, saat dihubungi. [YP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.