Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Ramadan, Moeldoko Ziarah Ke Makam Bung Tomo

Selasa, 22 Maret 2022 14:11 WIB
Kepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko ziarah ke makam Bung Tomo, di TPU Ngagel Surabaya, Selasa (22/3).
Kepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko ziarah ke makam Bung Tomo, di TPU Ngagel Surabaya, Selasa (22/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebelum memulai agenda kerja di Surabaya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Bung Tomo, di TPU Ngagel, Selasa (22/3). 

Menurutnya, ziarah ke makam Bung Tomo merupakan tradisi yang dilakukannya sebelum Ramadan. “Bung Tomo ini kan bapak bangsa, sudah jadi kewajiban saya sebagai mantan prajurit untuk berziarah sebelum bulan Ramadan," kata Moeldoko. 

Baca juga : Puan Makin Wangi

Moeldoko memandang, Bung Tomo adalah sosok orator yang terkenal dengan semboyan " Merdeka atau Mati dan Sekali Merdeka Tetap Merdeka". Semboyan tersebut, kata dia, mengandung makna bahwa merdeka harus dimaknai sebagai sebuah kedaulatan, kebebasan demokrasi, dan kemanusiaan. "Jangan membelokkan makna merdeka.  Jangan merdeka untuk diri sendiri, tapi mati bagi orang lain," tegasnya. 

Moeldoko juga mengaku prihatin, bahwa saat ini makna merdeka banyak disalahartikan dengan kebebasan untuk diri sendiri, dan meniadakan nilai-nilai kemanusiaan. Akibatnya, kata merdeka justru dimaknai untuk merenggut kebebasan orang lain. 

Baca juga : GoTo Siapkan Jurus Cegah Saham Jeblok

"Ini harus diwaspadai kita semua. Sebab, kata merdeka dan kebebasan sering dijadikan pembenaran untuk menabrak nilai-nilai kemanusiaan," ucapnya. 

Dalam kunjungan kerja di Jawa Timur, Moeldoko juga akan menghadiri Dies Natalis Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, sekaligus meresmikan prasasti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Rumah Ibadah ITN. 

Baca juga : Jelang Akhir Pekan Rupiah Dibuka Loyo

Sebagai informasi, Bung Tomo merupakan pahlawan dalam pertempuran 10 November 1945. Meski dinobatkan sebagai pahlawan nasional, Bung Tomo memilih dimakamkan di tempat pemakaman umum karena ingin dekat dengan rakyat. 

Posisi makam Bung Tomo berada di dekat pintu masuk, dan dikelilingi ribuan makam lain. Di depan pintu masuknya, terpasang bendera merah putih, dan terpasang papan bertuliskan Makam Pahlawan Nasional Bung Tomo (1920-1981), serta kutipan naskah pidato Bung Tomo. [MFA] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.