Dark/Light Mode

Manjain Penonton MotoGP, Kemenhub Siapkan Bus Gratis Ke Sirkuit Mandalika

Kamis, 17 Februari 2022 15:48 WIB
Sirkuit Mandalika. (Foto: Antara)
Sirkuit Mandalika. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan bus gratis bagi penonton saat MotoGP Mandalika pada 18-20 Oktober 2021. Bus-bus yang disiapkan nantinya akan melayani para penonton MotoGP yang datang dari berbagai bandara, pelabuhan, dan terminal ke Sirkuit Mandalika.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 21,25 miliar untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP 2022 Mandalika. Anggaran tersebut disiapkan untuk berbagai keperluan.

"Yang pertama adalah dukungan shuttle bus dengan anggaran Rp 5,4 miliar untuk 188 unit bus, di mana 81 unit bus dari Kementerian Perhubungan di dalam kawasan Mandalika dan juga ada bus yang digunakan untuk antarmodanya sekitar 103 bus yang akan disiapkan oleh ITDC," kata Budi Setyadi.

Baca juga : KPK Dalami Pertemuan Eks Dirjen Keuda Kemendagri Dan Bupati Koltim Di Jakarta

Menurut Budi, pihaknya juga menganggarkan dana sebesar Rp 8,84 miliar untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute ke pusat kota dan simpul transportasi darat di luar kawasan Sirkuit Mandalika. Ke-6 rute tersebut adalah Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Bangsal (bus kecil), Sirkuit Mandalika-Pusat kota Mataram (bus sedang).

Lalu Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Lembar (bus kecil), Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Gilimas (bus kecil), Sirkuit Mandalika-Bandara Bizam (bus besar), dan Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Kahyangan (bus kecil).

"Jadi simpul transportasi darat mulai dari Gili Mas, Lembar, Bangsal, Kayangan, Bandara Bizam, dan pusat kota jumlahnya diperkirakan 278 bus. Kami siapkan ini karena akan banyak penonton yang datang dari luar kota," kata Budi.

Baca juga : KSP: WSBK-MotoGP Dongkrak Bisnis UMKM Mandalika

Selain itu, pihaknya juga akan membangun 4 unit halte bus di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang akan disebar di beberapa titik, mulai dari Parkir Sentral Timur, Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1,5 miliar.

Menurut dia, jalan provinsi juga akan turut diberikan penerangan guna mempermudah akses transportasi darat dalam menjangkau sirkuit balapan. Pihaknya akan menyiapkan 135 unit penerangan jalan umum dengan anggaran sebesar Rp 5,4 miliar.

Kemenhub menyediakan anggaran sekitar Rp 110 juta untuk melakukan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL). Pengaturan lalu lintas ini merupakan mandat yang diberikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi kepada Kemenhub.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Makan Instagramable Dekat Sirkuit Mandalika, Wajib Dicoba

Simulasi Pengamanan di Laut

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui jajaran Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar menggelar simulasi dalam rangka menyambut gelaran MotoGP Mandalika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.