Dark/Light Mode

Masih Di NTT, Jokowi Tinjau Sumur Pompa Hidram Di Desa Oinlasi

Kamis, 24 Maret 2022 21:52 WIB
Presiden Jokowi mengunjungi sumur pompa hidram di Desa Oinlasi, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi NTT, Kamis, 24 Maret 2022. (Foto BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi mengunjungi sumur pompa hidram di Desa Oinlasi, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi NTT, Kamis, 24 Maret 2022. (Foto BPMI Setpres/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (24/3), dengan mengunjungi Desa Oinlasi di Kecamatan Mollo Selatan.

Di lokasi tersebut, Presiden meninjau secara langsung program sumur pompa hidram untuk penyediaan air bagi warga setempat. Di lokasi peninjauan, Jokowi menyimak penjelasan Wakil Asisten Logistik Kasdam IX/Udayana, Letkol Kav Djefri Marsono Hanok mengenai pompa itu.

Baca juga : Kunker Ke NTT, Presiden Tinjau Program Percepatan Penurunan Stunting

Dalam penjelasannya, Djefri mengatakan, proyek pompa hidram tersebut dilaksanakan di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana yang mencakup Bali dan Nusa Tenggara. Untuk keseluruhan di Bali Nusa ada 227 (pompa), kemudian di NTT sendiri 175 titik, kemudian di TTS sendiri ada 43 titik, Bapak Presiden.

Lebih lanjut, Djefri menjelaskan bahwa kegiatan pengadaan pompa hidram ini akan dilanjutkan pada tahun berikutnya, baik untuk kebutuhan penyediaan air minum maupun pertanian.

Baca juga : Ditemani Puan, Jokowi Buka Sidang Ke-144 IPU Di Bali

“Sekarang kita sudah mengerjakan untuk yang pertanian ada dua titik yang dikerjakan, pertama di Rote Ndao, kedua di Bali,” tambahnya.

Cara kerja pompa hidram ini yaitu sumber air dibendung kemudian dikumpulkan di bak retensi. Setelah itu, air dialirkan menggunakan energi kinetik dengan memanfaatkan sudut elevasi ke bawah untuk kemudian diterima pompa hidram. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.