Dark/Light Mode

Ngomong Seperlunya Saja, Tak Usah Ngalor Ngidul

Sabtu, 9 April 2022 07:00 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan Pemerintah kembali menjadi buah bibir warganet. Kali ini terkait izin mudik 2022 yang mendapat lampu hijau, namun dengan sejumlah poin larangan.

Yang disoroti adalah larangan mengobrol dalam perjalanan mudik. Terutama, bagi para pemudik yang menggunakan transportasi umum, baik darat, laut maupun udara.

Pandemictalks mengunggah meme larangan berbicara di transportasi umum saat mudik Lebaran. Pemudik dilarang berbicara baik se­cara langsung maupun melalui telepon dalam perjalanan mudik dengan angkutan umum.

larangan berbicara di transportasi umum saat mudik Lebaran

Baca juga : Fadli Zon: Sepeser Pun Saya Nggak Pernah Nyumbang Untuk Kelompok Teroris

“Ketentuan itu diatur melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19),” ujar Pandemictalks.

Akun @_trilian mendukung kebijakan larangan ngobrol dan angkat telepon dalam angkutan perjalanan mudik. Saat mengguna­kan kereta api jarak jauh, tidak ada penumpang yang menelepon, yang ngobrol dalam kereta juga sedikit.

“Petugas beberapa kali akan memeriksa gerbong untuk mengecek kedisiplinan pen­umpang. Jadi, kita harus punya kesadaran untuk menerapkan prokes tanpa harus ditegur petugas dulu,” kata dia.

Baca juga : PNM Dorong Perempuan Berdaya Secara Ekonomi

Senada, @daing_ida mengatakan, larangan ngobrol dalam perjalanan bukan hal aneh. Untuk kebaikan, larangan ngobrol dalam perjalanan tidak perlu dipermasalahkan. “Memang, orang kita susah diaturnya. Jadi serba salah,” ujar @daing_ida.

Menurut @Dhanishop, naik bus Transjakarta juga begitu. Tidak boleh ngobrol di dalam perjalanan. Namun, kenyataanya, kembali ke masing individu-individu penumpang. “Sudah tahu, tapi acuh,” kata @Dhanishop.

Akun @Retaatta menjelaskan maksud aturan Satgas tersebut. Yang dilarang adalah ngobrol dalam waktu yang lama di dalam transportasi umum. Bila hanya ingin turun dari kendaraan, dia memastikan boleh dilakukan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.