Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Polda Metro Siagakan Derek Dan Mekanik Gratis Bagi Pemudik

Selasa, 26 April 2022 22:26 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Yogo. (Foto: Istimewa)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Yogo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama pemangku kepentingan menyiagakan derek dan mekanik pada beberapa titik di jalan tol untuk mengantisipasi kendaraan pemudik yang mogok atau mengalami gangguan teknis selama arus mudik dan arus balik Lebaran 1443 Hijriah. 

"Tentu di setiap beberapa kilometer ada derek ya, ada derek dan mekanik yang bisa setiap saat langsung digerakkan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, seperti dikutip Antara, Selasa (26/4).

Sambodo mengungkapkan, kendaraan derek dan mekanik tersebut akan disiagakan di KM10 untuk mengantisipasi kendaraan yang mengalami gangguan di tol layang.

Baca juga : Erick Minta Personel Bandara Soetta Berikan Layanan Terbaik Buat Pemudik

"Termasuk juga kami siapkan derek dan motoris untuk di KM10 sehingga kalau ada gangguan di elevated, karena elevated itu kan escape-nya susah, jadi ketika ada gangguan di elevated motorisnya bisa langsung naik ke atas," ujarnya.

Lebih lanjut Sambodo mengatakan, pihak kepolisian telah menyiagakan personel di beberapa titik di jalan tol dan di seluruh tempat istirahat.

"Kalau di jalan tol sudah banyak ya mulai dari KM3, KM10, KM19 setiap rest area kita ada, kemudian setiap tempat-tempat yang akan dilaksankan one way maupun contra flow kita juga sudah ada pengamanan, yang ke arah Merak juga ada," tutur Sambodo.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah menyiapkan 24 pos pengamanan di jalur arteri termasuk dua pospam untuk tempat istirahat khusus sepeda motor yaitu di Kedungwaringin Bekasi dan di Jatiuwung Tangerang.

"Ada tempat istirahat gratis jadi bagi pengendara motor yang capek dia bisa parkir kendaraannya kemudian tidur di situ," ungkap Sambodo.

Baca juga : Hadapi Tantangan 2022, Ini Strategi Pertamina Hulu Indonesia

Tempat istirahat khusus sepeda motor itu juga menyediakan layanan kesehatan, mekanik, SPBU mini, toilet, mushola, penjual makanan minuman, hingga vaksinasi booster.

Pada kesempatan terpisah, PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol dalam keterangannya tertulisnya mengingatkan kepada pemudik untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan pulang ke kampung halaman dalam kondisi prima.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di tempat istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," demikian keterangan tertulis Jasa Marga pada Selasa. (DRS)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.