Dark/Light Mode

Berbagi Ke Sesama, BAZNAS Gelar Kongkow Bareng Musisi Top

Jumat, 29 April 2022 19:04 WIB
Kongkow Bareng Musisi Berbagi yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Kamis (28/4). (Foto: Istimewa)
Kongkow Bareng Musisi Berbagi yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Kamis (28/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Apa hubungan antara musisi, berbagi dan zakat? Soal ini, mantan personil band Slank, Bongky mencoba menjawabnya. Ia menyebut profesi musisi sangat erat dengan berbagi.

"Musisi itu kan memang membagikan karyanya untuk publik. Jadi kami sudah dekat dengan yang namanya berbagi," ujar Bongky di sela-sela acara Kongkow Bareng Musisi Berbagi yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Kamis (28/4).

Dikatakannya, peran musisi dalam pemdistribusian zakat juga penting karena mendistribusikan zakat butuh juga rasa. Selain itu, dengan terlibatnya musisi, maka publik bisa tergerak untuk berzakat.

Baca juga : Bersama TNI dan BNPP, BAZNAS Berdayakan Mustahik di Perbatasan RI

"Saya sering menyebut jika saat ini harus dicanangkan Revolusi Berbagi. Berbagi itu harus dipaksakan, jangan cuma diimbau atau didorong saja. Makin banyak yang berbagi, Indonesia akan semakin bahagia," ujar Bongky.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua BAZNAS, Mokhamad Mahdum mengatakan, zakat bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk musisi.

"Tidak hanya bagi yang berpeci dan gamis atau yang ibadahnya sudah baik. Tidak ada di dalam Al-Quran yang menyebut boleh berzakat kalau sudah salat," ujar Mahdum dalam sambutannya.

Baca juga : Sukses Gelar Berbagi Bersama, Menperin Apresiasi Forwin

Mahdum melanjutkan, acara yang dikemas dengan santai bersama musisi ini bertujuan selain untuk memberi hiburan kepada masyarakat, juga untuk mengampanyekan kebaikan berzakat.

"Dengan acara yang ringan dan santai ini, kita ingin mengajak masyarakat berperan dalam keindahan berzakat, salah satunya melalui musik," kata Mahdum yang juga didampingi pimpinan BAZNAS, Rizaludin Kurniawan ini.

Selain itu, lewat acara ini, BAZNAS juga memfasilitasi masyarakat untuk berdonasi bersama guna membantu kebangkitan mustahik sekaligus memberi hiburan kepada masyarakat secara digital. Kongkow Bareng Musisi Berbagi ini juga ditayangkan langsung di YouTube BAZNAS TV.

Baca juga : Pak Jokowi, Ini Baru Top!

Sejumlah musisi papan yang mengisi acara, di antaranya Bongky (eks Slank), Yuke Sampurna (Basis Dewa 19), Irang (Vokalis BIP), Pay Burman (Eks Slank), Cozy (Republik), Najwa Maulida (Sulis Millenial), Congrats dan Shabil (Vokalis Slag).

"Kami berterima kasih atas partisipasinya, mudah-mudahan industri musik semakin maju, kemudian hak-hak musisi dan komposernya semakin adil, tak terdzalimi. Tiap lagu yang dinyanyikan penyanyi, komposernya dapat hak," pungkas Mahdum. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.