Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Jokowi Dan Ibu Negara Iriana Sholat Ied Di Halaman Istana Yogyakarta

Senin, 2 Mei 2022 08:29 WIB
Presiden Jokowi salat Idulfitri di halaman Gedung Agung, Istana Yogyakarta, Senin (02/04/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas
Presiden Jokowi salat Idulfitri di halaman Gedung Agung, Istana Yogyakarta, Senin (02/04/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo melaksanakan sholat Idulfitri di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (02/04), bertepatan dengan 1 Syawal 1443 Hijriah. Sholat Idul Fitri tersebut diselenggarakan secara terbatas dan diikuti perangkat kepresidenan, Paspampres, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta.

Sekitar pukul 06.28 WIB, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, tampak keluar dari Gedung Agung menuju halaman depan. Presiden langsung menempati saf paling depan, sementara Ibu Iriana menempati tempat yang telah ditentukan bagi jemaah wanita di sebelah kiri.

Baca juga : Presiden Jokowi Sambut PM Jepang Fumio Kishida Di Istana Bogor

Tepat pada pukul 06.35 WIB sholat Idul Fitri pun dimulai. Bertindak selaku imam dan khatib dalam kesempatan tersebut yaitu Masmin Afif yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara itu, bertindak sebagai bilal adalah Abdul Rosyid, pengurus Masjid Darussalam Istana Yogyakarta.

Dalam khotbahnya selepas sholat, khatib menyampaikan khotbah yang bertema “Solidaritas Sosial di Masa Pandemi”. Khatib berujar, bahwa Idul Fitri adalah momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat dengan saling peduli, berbagi, dan menghargai, saling merajut silaturahmi, menyapa dan memaafkan, serta mengaktualisasikan nilai-nilai fitrah dalam perbuatan nyata dan perilaku mulia.

Baca juga : 3,6 Juta Warga Mudik Tinggalkan Jakarta

“Semoga momentum Idul Fitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban, di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah Swt.,” ujar khatib.

Selesai menunaikan sholat Idul Fitri, sekitar pukul 07.00 WIB Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Gedung Agung. Sambil berjalan, Presiden menyempatkan menyapa jemaah di beberapa saf depan.

Baca juga : Cara Jitu Partai Ummat Biar Eksis Di Jagat Politik

Turut mengikuti sholat Idul Fitri tersebut antara lain Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dan Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto. (MRA/Setkab)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.