Dark/Light Mode

Rayakan Lebaran Di Kampung Halaman

3,6 Juta Warga Mudik Tinggalkan Jakarta

Kamis, 28 April 2022 20:20 WIB
Suasana arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Akbar Surya Ramanda/RM)
Suasana arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Akbar Surya Ramanda/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya memperkirakan sekitar 3,6 juta orang telah meninggalkan Jakarta dengan kendaraan roda empat untuk mudik Lebaran 1443 Hijriah menuju Pulau Jawa maupun Sumatera.

"Kalau melihat statistik kendaraan yang tinggalkan Jakarta per hari ini, kemarin sudah sekitar 74.000, kalau ditotal semua dari H-7 sudah 900 ribuan kendaraan, kalau dikalikan jumlah orang di dalam empat berarti sekitar 3,6 juta," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, seperti dikutip Antara, Kamis (28/4).

Baca juga : Yang Sungkeman Di Kampung Tetap Pake Masker Ya…

Fadil mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, sekitar tujuh juta orang akan meninggalkan Jakarta pada musim libur Idul Fitri tahun ini.

"Menurut survei statistik Kemenhub orang yang meninggalkan Jakarta dengan kendaraan roda empat sekitar tujuh juta, jadi sudah separuh lebih masyarakat yang meninggalkan Jakarta," ujarnya.

Baca juga : Please, Yang Positif Covid Jangan Nekat Mudik Dong

Kemudian menurut data dari PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol, tercatat 951.758 kendaraan telah meninggalkan Jakarta sejak H-10 hingga H-5 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau periode 22-27 April 2022.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Baca juga : Beli Bingkisan Lebaran, Dapat Hadiah Emas Dari Jago Coffee

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 9,4 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 870.371 kendaraan.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 471.044 kendaraan (49,5 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 289.122 kendaraan (30,4 persen) menuju menuju arah Barat (Merak) dan 191.592 kendaraan (20,1 persen) menuju arah Selatan (Puncak). (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.