Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Ponpes Tebuireng, Prabowo Kenang Masa-masa Jadi Tukang Pijat Gus Dur

Rabu, 4 Mei 2022 17:06 WIB
Menhan Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Pimpinan Ponpes Tebuireng Jombang, Gus Kikin (kedua kanan) saat berziarah ke makam Gus Dur, Rabu (4/5). (Foto: Istimewa)
Menhan Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Pimpinan Ponpes Tebuireng Jombang, Gus Kikin (kedua kanan) saat berziarah ke makam Gus Dur, Rabu (4/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Agenda silaturahmi Lebaran Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terus berlanjut.

Diawali dengan kunjungan Idul Fitri ke Presiden Jokowi di Yogyakarta, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kini Prabowo menyambangi Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Kedatangan Prabowo ke pesantren yang ngehits di Jombang itu, disambut dengan baik Pimpinan Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz.

"Selamat datang Pak Prabowo. Selamat Lebaran. Minal aidzin wal faidzin Pak," kata Gus Kikin, sapaan akrab KH Abdul Hakim Mahfudz di lokasi, Rabu (4/5).

Baca juga : Kunjungi Pimpinan Ponpes Walisongo Situbondo, Prabowo: Saya Datang Untuk Berterima Kasih

"Mohon maaf lahir batin Gus," balas Prabowo.

 

 

Selanjutnya, Prabowo dan Gus Kikin menggelar pertemuan tertutup.

Baca juga : Kunjungi Pasar Jungke, Puan Cek Harga Pangan

Usai pertemuan, Prabowo berziarah ke makam Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ditemani Gus Kikin.

"Saya memang sudah sering datang ke sini. Saya merasa dekat dengan keluarga besar Ponpes Tebuireng. Saat libur ini, saya keliling silaturahmi Lebaran dengan sahabat-sahabat lama saya. Ngobrol yang ringan-ringan saja. Melepas rasa kangen," ungkap Prabowo.

Kedatangan Prabowo ternyata menarik perhatian sejumlah santri dan warga sekitar. Dia pun tak sungkan menerima ajakan berfoto dari warga yang hadir.

Ditanya soal hubungannya dengan Gus Dur, Prabowo mengaku sangat dekat.

Baca juga : Peduli Korban Kebakaran Gembrong, Brantas Abipraya Salurkan Paket Sembako

"Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan. Visioner. Beliau juga merupakan sahabat. Saya adalah tukang pijat beliau. Saya kira, saya sangat dekat dengan almarhum," beber mantan Danjen Kopassus itu kepada wartawan.

Kedekatan Prabowo dengan Gus Dur memang bukan rahasia. 

Gus Dur bahkan menyebut Prabowo, sebagai orang yang paling ikhlas. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.