Dark/Light Mode

One Way Di Tol Trans Jawa Semarang-Jakarta Resmi Ditutup, Ini Alasannya...

Senin, 9 Mei 2022 06:22 WIB
Kakorlantas Irjen Pol. Firman Shantyabudi (Foto: Istimewa)
Kakorlantas Irjen Pol. Firman Shantyabudi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengumumkan, rekayasa lalu lintas (lalin) one way pada arus mudik dan balik Lebaran 2022 resmi ditutup pada Senin (9/5) dini hari.

Keputusan tersebut diambil dengan beberapa pertimbangan.

Baca juga : One Way & Contra Flow Di Tol Trans Jawa, Semarang Arah Jakarta Resmi Ditutup Sejak Pukul 02.30 WIB

Pertama, berdasarkan hasil analisis dan evaluasi pengamatan melalui peta digital dan CCTV, serta laporan dari anggota di lapangan, arus lalin telah berkurang. Saat ini, berada pada posisi normal harian.

Kedua, jumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan tol pada masing masing penggal, telah menunjukkan hasil untuk tidak melanjutkan rekayasa lalin one way.

Baca juga : Catat, Nih Empat Rute Alternatif Jakarta-Bandung Pada 6-8 Mei

"Dengan berkurangnya kendaraan yang melintas, maka akan menambah kecepatan, yang mungkin saja dapat menyebabkan kecelakaan hingga mengakibatkan fatalitas korban. Untuk itu, pada hari ini, Senin tanggal 9 Mei 2022 pukul 00.30 WIB, pelaksanaan rekayasa lalin one way Lebaran 2022 dinyatakan selesai," jelas Firman dalam keterangannya, Senin (9/5).

Selanjutnya, dilaksanakan proses normalisasi, yang akan memastikan jalur dan rest area dalam keadaan aman, pada pukul 00.30 - 02.30 WIB.

Baca juga : Ada One Way Di Tol, Jalan Arteri Karawang Dipadati Kendaraan Arah Jakarta

"Tepat pukul 02.30, pelaksanaan one way dinyatakan selesai. Arus kembali dibuka untuk kedua arah," pungkas Firman. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.