Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tes Covid-19 Usai Mudik Lebaran

Lebih Baik Lebay Daripada Abai

Jumat, 13 Mei 2022 06:20 WIB
Ilustrasi. Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan melakukan tes antigen kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Sarawak, Malaysia, Senin (25/4/2022). (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/YU).
Ilustrasi. Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan melakukan tes antigen kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Sarawak, Malaysia, Senin (25/4/2022). (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/YU).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat yang pulang dari mudik dianjurkan melakukan tes Covid-19 secara mandiri. Itu dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian dan antisipasi agar tidak menularkan kepada yang lain.

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat yang sudah melakukan perjalanan jauh atau mengunjungi lokasi keramaian segera melakukan tes Covid-19. Terutama, mereka yang merasa bergejala.

“Dimohon segera dites,” kata Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) ini.

Wiku mengingatkan masyarakat untuk menyadari bahwa Indonesia masih mengh­adapi pandemi Covid-19. Di tengah pandemi, kelompok tertentu harus dilindungi dari penularan Covid-19.

Berita Terkait : The Connell Twins, Mudik Ke Subang Ngubek Cari Tutut

“Jangan sampai tertular dan menjadi sumber penularan bagi orang di sekitar kita. Terutama kelompok rentan seperti lansia, anak-anak, dan penderita komorbid,” katanya.

Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 ini mengatakan, indikator pengen­dalian pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik. Baik dari positivity rate, keterisian tempat tidur rumah sakit hingga kasus kema­tian akibat Covid-19.

“Bisa dikatakan saat ini Indonesia sudah tidak lagi dalam kondisi kedaruratan mer­espons pandemi Covid-19 dan mulai bertran­sisi menuju fase endemi,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menambahkan, penggu­naan masker tetap wajib dilakukan. Termasuk penerapan protokol kesehatan (prokes) dan mendorong percepatan vaksin booster di tingkat masyarakat.

Berita Terkait : Menhub Minta Maaf, Belum Semua Harapan Bisa Terpenuhi

Netizen setuju, masyarakat dengan mobili­tas tinggi sebaiknya melakukan tes Covid-19 usai mudik Lebaran.

Akun @Kusumawardanika mengata­kan, seharusnyamasyarakat sadar melakukan tes Covid-19 secara mandiri usai mudik. Dia mengingatkan, pandemi Covid-19 sudah berjalan 3 tahun.

“Anjuran Pemerintah untuk tes Covid-19 secara mandiri untuk kebaikan bersama. Nanti kalau kasus Covid-19 naik nyalahin Pemerintah. Harusnya kita mawas diri,” kata dia.

Akun @kangandribdg mengimbau masyarakat melakukan tes Covid-19 usai mudik. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan tempat kerja.

Berita Terkait : Arus Balik Lebaran, Pertamina Pastikan Stok Dan Penyaluran BBM Aman

“Alhamdulilah semua karyawan harus men­jalani tes Covid-19 antigen sebelum masuk kerja usai libur Lebaran dan semua ditanggung kantor,” ujar @Arumkputri.
 Selanjutnya