Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tes Covid-19 Usai Mudik Lebaran

Lebih Baik Lebay Daripada Abai

Jumat, 13 Mei 2022 06:20 WIB
Ilustrasi. Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan melakukan tes antigen kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Sarawak, Malaysia, Senin (25/4/2022). (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/YU).
Ilustrasi. Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan melakukan tes antigen kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Sarawak, Malaysia, Senin (25/4/2022). (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/YU).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat yang pulang dari mudik dianjurkan melakukan tes Covid-19 secara mandiri. Itu dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian dan antisipasi agar tidak menularkan kepada yang lain.

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat yang sudah melakukan perjalanan jauh atau mengunjungi lokasi keramaian segera melakukan tes Covid-19. Terutama, mereka yang merasa bergejala.

“Dimohon segera dites,” kata Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) ini.

Wiku mengingatkan masyarakat untuk menyadari bahwa Indonesia masih mengh­adapi pandemi Covid-19. Di tengah pandemi, kelompok tertentu harus dilindungi dari penularan Covid-19.

Baca juga : The Connell Twins, Mudik Ke Subang Ngubek Cari Tutut

“Jangan sampai tertular dan menjadi sumber penularan bagi orang di sekitar kita. Terutama kelompok rentan seperti lansia, anak-anak, dan penderita komorbid,” katanya.

Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 ini mengatakan, indikator pengen­dalian pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik. Baik dari positivity rate, keterisian tempat tidur rumah sakit hingga kasus kema­tian akibat Covid-19.

“Bisa dikatakan saat ini Indonesia sudah tidak lagi dalam kondisi kedaruratan mer­espons pandemi Covid-19 dan mulai bertran­sisi menuju fase endemi,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menambahkan, penggu­naan masker tetap wajib dilakukan. Termasuk penerapan protokol kesehatan (prokes) dan mendorong percepatan vaksin booster di tingkat masyarakat.

Baca juga : Menhub Minta Maaf, Belum Semua Harapan Bisa Terpenuhi

Netizen setuju, masyarakat dengan mobili­tas tinggi sebaiknya melakukan tes Covid-19 usai mudik Lebaran.

Akun @Kusumawardanika mengata­kan, seharusnyamasyarakat sadar melakukan tes Covid-19 secara mandiri usai mudik. Dia mengingatkan, pandemi Covid-19 sudah berjalan 3 tahun.

“Anjuran Pemerintah untuk tes Covid-19 secara mandiri untuk kebaikan bersama. Nanti kalau kasus Covid-19 naik nyalahin Pemerintah. Harusnya kita mawas diri,” kata dia.

Akun @kangandribdg mengimbau masyarakat melakukan tes Covid-19 usai mudik. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan tempat kerja.

Baca juga : Arus Balik Lebaran, Pertamina Pastikan Stok Dan Penyaluran BBM Aman

“Alhamdulilah semua karyawan harus men­jalani tes Covid-19 antigen sebelum masuk kerja usai libur Lebaran dan semua ditanggung kantor,” ujar @Arumkputri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.