Dark/Light Mode

Rekayasa Lalin Sukses Urai Arus Mudik Lebaran, Semoga Arus Baliknya Juga Lancar

Minggu, 1 Mei 2022 21:06 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau GT Palimanan, Jawa Barat, Minggu (1/4). (Foto: BKIP)
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau GT Palimanan, Jawa Barat, Minggu (1/4). (Foto: BKIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepadatan lalu lintas yang sempat terjadi di hari puncak mudik di Jalur tol Jakarta menuju Cikampek ke arah timur, masih bisa diatasi melalui sejumlah rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol (GT) Palimanan, Minggu (1/5).

“Memang sempat ada masalah saat menerapkan contraflow dan one way pertama kali. Namun selanjutnya, bisa diatasi dengan baik,” jelas Menhub.

Baca juga : Angkutan Mudik Lebaran Dengan Pesawat Berjalan Lancar, Ini 3 Faktor Kuncinya

Menurutnya, keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas ini berkat koordinasi yang dilakukan oleh Kepolisian, Jasa Marga, Kemenhub, dan unsur terkait lainnya.

“Kami mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan melakukan berbagai simulasi,” ujar Menhub.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, berkat rekayasa lalin one way, perjalanan dari arah barat menuju ke timur hingga ke Semarang dapat dilalui dengan cukup lancar.

Baca juga : Limbangan Padat, Arus Mudik Di Simpang Nagreg Dialihkan Ke Kadungora

“Keberhasilan rekayasa lalin pada arus mudik, diharapkan juga dapat terjadi pada arus balik,” tutur Menhub.

Dua titik yang menjadi perhatian khusus pemerintah untuk ditangani yaitu Jalan Tol Jakarta - Semarang dan Penyeberangan Merak.

Pada puncak mudik, sempat terjadi kepadatan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, akibat tingginya lonjakan pemudik yang akan menyeberang.

Baca juga : BKS Pesan, Sopir Bus Jangan Ngebut-ngebut...

Untuk mengatasi kepadatan,  dilakukan penambahan dua pelabuhan yakni : Ciwandan dan Indah Kiat.

Selain menambah pelabuhan, juga dilakukan penambahan kapal. Tercatat, sebanyak dua kapal beroperasi di Dermaga Indah Kiat dan sembilan kapal beroperasi di Dermaga Ciwandan. Sehingga, total kapal yang beroperasi melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung berjumlah 53 kapal.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi turut hadir meninjau GT Palimanan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.