Dark/Light Mode

Ary Ginanjar Dipuji

Erick: Nilai-nilai ESQ Jadi Pondasi Untuk Kita Semua

Selasa, 17 Mei 2022 07:56 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dalam peringatan Milad ESQ ke-22 di Jakarta, Senin (16/5). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir dalam peringatan Milad ESQ ke-22 di Jakarta, Senin (16/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir berkesempatan hadir dalam acara Milad ESQ Ke-22 secara langsung di Ruang Granada Menara 165 Jakarta, Senin (16/5).

Ia menyapa beberapa petinggi di Indonesia dan jajarannya, serta ratusan orang yang merupakan alumni ESQ dari Sabang hingga Merauke.

Erick memuji apa yang telah dilakukan Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian dalam 22 tahun perjalanan lembaga yang dipimpinnya.

"Kalau kita lihat ke depan, apa yang diperjuangkan oleh Mas Ary Ginanjar ini merupakan suatu pondasi bagi kita semua, sebagai bangsa. Tidak mungkin, bangsa ini dijalankan tanpa balance. Bangsa ini tak hanya dijaga ekonominya, politiknya, dan keagamaannya. Tetapi juga manusianya," tutur Erick, Senin (16/5).

Baca juga : Indikator Politik: Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Pilpres 2024

Erick menegaskan, kekuasaan tanpa akhlak, akan menjadi sebuah kedzaliman. Kekayaan tanpa akhlak, akan menjadi sebuah kerakusan. Kepintaran tanpa akhlak, akan menciptakan tipu daya.

"Di situlah mengapa kita harus bersepakat, tidak lain dalam kita mentransformasi kebangsaan kita. Transformasi yang didasari oleh manusianya,” tutur Erick.

"Insya Allah, kami dari Kementerian BUMN terus berupaya memastikan bahwa BUMN bertransformasi dalam dua hal. Pertama, menjadi korporasi yang sehat. Kedua, mendorong yang namanya ekonomi kerakyatan serta ekonomi keumatan," tandasnya.

Transformasi merupakan salah satu upaya untuk terwujudnya Indonesia Emas 2045. Itu sebabnya, acara tersebut mengusung tema “Bersatu Mewujudkan Indonesia Emas.”

Baca juga : Prabowo Subianto Dinilai Jadi Solusi Atasi Potensi Polarisasi Pemilu 2024

“ESQ sejak awal yakin dan percaya pada Visi Indonesia Emas, yang kemudian menyebar di kalangan alumni, hingga kini menjadi cita-cita bangsa yang dicanangkan oleh Bappenas. Serta digaungkan oleh semua pihak. Baik itu akademisi, politisi, pelaku bisnis dan lainnya,“ papar Ary Ginanjar.

Tokoh motivator Indonesia itu menambahkan, Indonesia Emas 2045 diwujudkan melalui beberapa tahapan. Yaitu Indonesia Emas Berkarakter 2020, Indonesia Emas Sejahtera 2030, Indonesia Emas Adi Daya 2045.

Dalam momentum Milad ESQ ke-22, ESQ memantapkan keyakinannya terhadap visi Indonesia Atap Dunia 2085.

"Tonggak pertama Indonesia Emas Berkarakter adalah saat nilai-nilai AKHLAK dijadikan core values atau panduan moral bagi ASN serta seluruh BUMN. ESQ mendukung hal tersebut dengan mencanangkan Alumni ESQ BERAKHLAK 7 Budi Utama,” papar Ary Ginanjar.

Baca juga : Ketua PAN Subang Jadi Pendaftar Pertama

ESQ Leadership Center telah membentangkan sayapnya, membawa kapal besar berlayar selama 22 tahun (16 Mei 2000 – 16 Mei 2022), dengan dinakhodai oleh Ary Ginanjar.

Selama 22 tahun, ESQ tetap konsisten menjaga netralitas, dan berkomitmen menjadi oksigen bagi bangsa Indonesia. Para tokoh yang diundang dalam milad kali ini adalah para pendukung, alumni, dan juga keluarga besar ESQ.

Di hari jadinya,  ESQ mengundang sejumlah toko. Seperti Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Suhadjar Diantoro (Sekjen Kemendagri RI), Nurul Gufron (Wakil Ketua KPK RI), Arief Sulistyanto (Kabarhakam Polri), Boy Rafli Amar (Kepala BNPT), Mulyo Aji (Sekjen Kemenkopolhukam), Ade Supandi (KSAL tahun 2014 - 2018), Nanan Soekarna (Wakapolri tahun 2011 - 2013), K.H. Muhammad Cholil Nafis (Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI), Prof. Unifah (Ketua PGRI). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.