Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sempat Dirawat Di RSPAD Karena Kanker Usus

Innalillahi, Mantan Juru Bicara Penanganan Covid Achmad Yurianto Meninggal

Sabtu, 21 Mei 2022 19:46 WIB
dr. Achmad Yurianto (Foto: BNPB)
dr. Achmad Yurianto (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 60 tahun di Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (21/5) pukul 18.58 WIB.

Sebelum pulang kampung ke Malang untuk menjalani homecare, Yurianto sempat menjalani perawatan kanker usus selama beberapa pekan di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

Dia juga dikabarkan mengalami multiple stroke setelah menjalani kemoterapi, akibat kanker usus.

Berita Terkait : Sempat Dirawat Di RS, Mantan Anggota KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia

Yurianto yang lahir pada 11 Maret 1962, tercatat sebagai alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Jawa Timur angkatan tahun 1990.

Dia banyak berkarier sebagai dokter di lingkungan TNI.

Yurianto banyak dikenal publik, saat menjabat juru bicara pemerintah untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sejak pandemi berjangkit pada Maret 2020.

Berita Terkait : Alhamdulillah, Penanganan Covid-19 Semakin Membaik

Setiap sore, Yurianto hadir di layar kaca. Memberikan informasi data harian dan perkembangan terkini Covid di Tanah Air.

Juli 2021, posisinya digantikan oleh Prof. Wiku Adisasmito.

Ketika itu, Yurianto ditunjuk menjadi Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan selanjutnya diamanahi jabatan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi. ■