Dewan Pers

Dark/Light Mode

Terima Kunjungan Bapanas, Andika Tegaskan TNI Ikut Urus Ketahanan Pangan Nasional

Kamis, 26 Mei 2022 09:44 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat menerima kunjungan kerja Bapanas di Mabes TNI. (Foto: Tangkapan layar YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat menerima kunjungan kerja Bapanas di Mabes TNI. (Foto: Tangkapan layar YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan, institusinya siap mendukung program ketahanan pangan yang diupayakan Badan Pangan Nasional (Bapanas). Hal itu ditegaskan Andika saat menerima kunjungan kerja pejabat Bapanas di Mabes TNI, seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Rabu (25/5).

"Kami sangat mendukung program Badan Pangan Nasional untuk ketahanan pangan nasional di seluruh wilayah Indonesia," tegas Andika.

Berita Terkait : Teken MoU, TNI-PT Freeport Perkuat Keamanan Objek Vital Nasional

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu juga menyatakan, TNI siap membantu berbagai program stabilisasi ketahanan pangan nasional, serta melakukan kerja sama di bidang pangan. Baik dalam hal pengamanan dan pendistribusian maupun dalam rangka membangun food estate atau lumbung pangan di seluruh Indonesia.

"Kami siap membantu Bapanas sesuai tugas pokok TNI," jelasnya.

Berita Terkait : Kapolri Pastikan Keamanan Tahapan Pemilu 2024

Menantu AM Hendropriyono itu menerangkan, dalam beberapa tahun terakhir, bahkan sebelum pandemi Covid-19, TNI telah membuktikan kerja nyata terkait ketahanan pangan.

Dalam pertemuan itu, Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edi mengatakan, tugas lembaganya ialah mengamankan stabilisasi pangan nasional. Mulai dari ketersediaan, distribusi, keamanan pangan, hingga keterjangkauan pangan bagi masyarakat di semua wilayah Tanah Air.

Berita Terkait : Pemberdayaan Perempuan Langkah Strategis Wujudkan Kebangkitan Nasional

Sarwo melanjutkan, yang termasuk kategori program yang ditangani Bapanas yaitu padi atau beras, jagung, kedelai, daging ayam, daging sapi, telur ayam, bawang merah, bawang putih, dan cabe. "Ketahanan pangan merupakan persoalan nasional. Oleh karena itu, ke depannya, Bapanas akan menyusun proyek percontohan food estate di sejumlah provinsi," tutur dia.â–