Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Orang Dekat JK Umrah Bareng Putri Mega

Anies-Puan Makin Riuh

Selasa, 31 Mei 2022 07:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Upaya menjodohkan Anies-Puan sebelumnya disuarakan sekelompok relawan yang mengatasnamakan Perhimpunan Masyarakat Wong Cilik (PMWC). Awalnya, kelompok yang namanya mirip dengan slogan PDIP ini, mendeklarasikan dukungan ke Anies. “Elektabilitas Anies di berbagai survei juga berada di urutan atas sebagai capres. Itu juga yang menjadi pemikiran kami mendukungnya dan mendeklarasikan," jelas Koordinator PMWC, Asep Suwandi, Sabtu (21/5).

Mereka lalu mencoba mengawinkan Anies dengan Puan. Alasannya, Anies-Puan akan menjadi pasangan komplet dan saling melengkapi. "Pantas pula kalau Anies didampingi oleh Puan Maharani untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang," ucapnya.

Dia melanjutkan, untuk maju di Pilpres 2024, Anies tidak cukup hanya disokong elektabilitasnya selama ini. Anies perlu didukung oleh pasangan cawapres dari partai besar dan kekuatan besar di Senayan, seperti Puan. Tujuannya, agar program kerja dan kebijakannya berjalan mulus.

Baca juga : Anies-Puan Bikin Geger

"Kami mendukung Puan sebagai cawapres berpasangan dengan Anies. Anies dan Puan bisa dan mampu mewakili kelompok pemuda milenial, pelajar, guru, petani, mahasiswa, pedagang, buruh dan emak-emak," tutur dia.

Puan sendiri sudah membuka diri untuk Anies. Saat diwawancara CNN Indonesia TV, 23 Maret lalu, Ketua DPP PDIP tersebut menyatakan terbuka berduet dengan siapa saja di Pilpres 2024, termasuk dengan Anies.

"Mungkin saja. Nggak ada yang tidak mungkin di politik. Semua dinamika itu bisa terjadi. Ya, tinggal kita lihat lagi tahun depan lah bagaimana ceritanya, cerita-cerita politik," ucap putri bungsu Megawati Soekarnoputri tersebut.

Baca juga : Berkat Hilirisasi, Ekspor Industri Manufaktur Makin Ngebut

Puan mengaku, selama ini sering bertemu dengan Anies. Ada yang disengaja, ada pula yang tidak.

Puan tidak menampik ada anggapan di masyarakat bahwa PDIP bermusuhan dengan Anies. Puan memastikan, anggapan itu tidak benar. Buktinya, komunikasi dirinya dengan Anies lancar-lancar saja. Saat bertemu di sebuah acara, dirinya berkomunikasi baik dengan Anies.

"Jika ada perlu, suka berkomunikasi. Jika ada acara, juga komunikasi. Kok, jadi kesannya saya musuhan gitu sama Pak Anies. Nggak lah," tegas perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR itu.

Baca juga : Sebelum Jokowi Berangkat Ke Amerika, Wapres Datangi Istana

Puan juga memastikan, perbedaan dalam politik hal biasa. Namun, hal tersebut tidak membuatnya bermusuhan. "Untuk pertemanan, silaturahmi kekeluargaan, saya rasa, saya sama Pak Anies nggak ada masalah. Jadi, kenapa kayak ada musuhan ya? Nggak ada musuhan," tegasnya lagi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.