Dark/Light Mode

Bagi Yang Belum Booster

Tenang, Pemudik Bisa Divaksin Di Pelabuhan

Sabtu, 30 April 2022 07:40 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto. (Foto: Humas BNPB)
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto menyatakan, masyarakat yang mudik tapi belum lengkap vaksinasinya hingga dosis ketiga atau booster, bisa mendapatkan vaksin di pelabuhan.

“Tetap diperbolehkan mudik, dengan terlebih dahulu melakukan vaksin di gerai yang telah disediakan,” ujar Suharyanto, saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung, kemarin.

Kunjungan tersebut dalam rangka memastikan kesiapan Pelabuhan Bakauheni menjelang puncak arus mudik maupun arus balik Lebaran 2022.

Baca juga : Vaksin Booster Sebelum Mudik Bisa Kerek Imun-Antibodi

Selama melakukan kunjungan, dia meninjau beberapa fasilitas yang terdapat di pelabuhan. Antara lain, pos terpadu Pelabuhan Bakauheni, posko pemantauan mudik Lebaran, gerai vaksin dan gerai tes usap.

Suharyanto mengapresiasi tim gabungan yang tetap siaga melakukan pencegahan penularan Covid-19 dan tegas kepada pemudik yang melanggar prokes.

“Terima kasih telah mene­gur pemudik yang tidak pakai masker dan memberikan masker kepada pemudik,” ucap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Baca juga : Pelni Berangkatkan Kapal Mudik Gratis Dari Pelabuhan Priok

Sebagai informasi, syarat bagi pemudik untuk membeli tiket adalah telah lengkapnya vaksinasi Covid-19, atau mempunyai surat keterangan hasil negatif Covid yang masih berlaku.

Semua terdata dalam aplikasi PeduliLindungi. Sehingga, dapat diketahui mana pemudik yang memenuhi syarat dan diperbolehkan melakukan perjalanan.

Presiden Jokowi memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan syarat sudah melakukan vaksin lanjutan atau booster dan melakukan tes usap, serta dengan tetap menerapkan prokes.

Baca juga : Cegah Penumpukan, Pemudik Disarankan Lewat Jalan Lintas Pantai Selatan

Jokowi mengingatkan, pentingnya vaksinasi lengkap dua dosis dan dosis ketiga atau penguat untuk terus dilakukan, seiring dengan jumlah warga yang melakukan mudik diperkirakan mencapai 79 juta orang. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.