Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Harlah Pancasila Di Ende Jadi Semangat Baru Untuk Negeri

Selasa, 31 Mei 2022 21:01 WIB
Press Conference Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. (Foto: Ist)
Press Conference Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Press Conference Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Rumah Jabatan Bupati Ende, Selasa (31/5).

Telah digelar berbagai kegiatan serta kesiapan jelang Presiden Jokowi malam ini bermalam dan besok menjadi Inspektur Upacara di Lapangan Pancasila Ende.

"Ende dipilih sebagai lokasi pertama pelaksanaan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di luar Ibu Kota Jakarta karena memiliki sejarah panjang terumuskannya Pancasila," ujar Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tenaya.

Baca juga : Shayne Pattynama Resmi Jadi Pemain Naturalisasi, Ini Harapan Ketum PSSI

Ada sejumlah kegiatan untuk menyemarakkan Harlah Pancasila 2022. Diketahui pula, Jokowi adalah Presiden RI kedua setelah Bung Karno yang pernah berkunjung ke Ende.

"Semoga kegiatan tersebut bisa membentuk semangat baru yang menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila ke pelosok negeri. Menginspirasi masyarakat terutama kaum muda untuk bergotong royong dan mengedepankan persatuan dalam membumikan Pancasila," jelas Wisnu.

Plt. Sekretaris Utama BPIP Karjono menambahkan, pihaknya mengambil tema 'Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia'. Kalimat itu yang disebut Bung Karno sebagai taman sari dunia.

Baca juga : Messi Isyaratkan Piala Dunia 2022 Jadi Laga Terakhir

"Keberagaman di Ende dan NKRI menjadi kekuatan karena musyawarah mufakat. Inilah sejatinya kebhinekaan," jelasnya.

Sementara itu, Deputi I BPIP Prakoso bilang kegiatan Harlah Pancasila bisa diikuti secara daring dan luring. Selain masyarakat, hadir pula para kepala daerah dan para duta besar negara asing.

Adapun Bupati Ende Djafar H. Achmad yakin segala kegiatan hingga akhir nanti akan berjalan dengan baik. "Semua sudah siap," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.