Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP Perkuat Ideologi Pancasila Di Kalangan ASN

Selasa, 24 Mei 2022 20:35 WIB
Kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di  Kota Metro Lampung, Selasa (24/5). (Foto: Ist)
Kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Metro Lampung, Selasa (24/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Metro Lampung, Selasa (24/5). 

Dalam kegiatan tersebut, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan BPIP, Antonius Benny Susetyo menyerukan agar ASN tidak terpengaruh informasi yang tidak jelas. Kata dia, banyak ASN yang berkarier melalui open biding yang gugur karena rekam jejak digital yang kurang baik. 

Acara ini digelar Direktorat Evaluasi Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP. Deputi Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkot Metro yang antusias mengikuti acara. Kata dia, sebagai ujung tombak perekat bangsa ASN wajib memahami dengan baik 4 konsensus dasar bangsa Indonesia yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. 

Baca juga : Perkuat Solidaritas, MPR-ICMI Akan Selenggarakan Silaturahmi Kebangsaan

"Terlebih, saat sekarang ini, sebagai bangsa sedang berusaha bangkit setelah mengalami masa pandemi. Peran ASN sangat penting dalam mengajak masyarakat bisa bangkit dan pulih," tuturnya.

Sementara itu, Antonius Benny Susetyo atau akrab disapa Romo Benny menyerukan agar ASN  bangun dan bangkit untuk membangun negara. Kata dia, kita  mesti bersyukur dengan bangsa Indonesia yang memiliki Pancasila. 

"Pancasila adalah sebuah keberuntungan untuk kita; itu adalah alat pemersatu kita yang memiliki ratusan suku bangsa dan banyak agama serta kepercayaan serta latar belakang," katanya.

Baca juga : Antisipasi Gangguan Operasi, PHM Percepat Pemeliharaan Fasilitas Migas Di Lapangan Swamp

Ia juga menyerukan bahwa Pancasila harus menjadi habitus dalam ASN melaksanakan kehidupannya sehari-hari.

"Habitus itu cara berpikir, bertindak, berperilaku. Menjadikan Pancasila sebagai habitus, maka ASN melaksanakan Pancasila secara utuh,” ujarnya.

Benny pun mengungkapkan bahwa menjadi ASN adalah menjadi pelayan publik, sehingga panggilan ASN bukan menjadi pihak yang memerintah, tetapi harus melayani masyarakat secara penuh, dengan landasan nilai-nilai Pancasila. "Seorang ASN adalah pelayan publik; dia mengemban tugas dan kewajibannya karena dia orang yang terpilih, untuk melayani. Maka, ASN harus tunduk pada kepentingan bangsa dan negara serta menjalankan perintah atasan, bukan tunduk pada kepentingan politik dan golongan tertentu," serunya.

Baca juga : Perkuat Tim, Robert Pantau 7 Pemain Jebolan Diklat Persib

Menutup pemaparannya, Romo Benny mengingatkan ASN menjaga perilaku dan  tidak mudah terpengaruh oleh informasi-informasi yang tidak jelas dan bertentangan dengan ideologi Pancasila. "Banyak ASN yang berkarier melalui open biding yang gugur karena rekam jejak digital yang kurang baik,” kata Romo Benny.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Metro Lampung Wahdi, menyerukan pelaksanaan good governance sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila sehingga persaingan global bisa ditanggulangi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.