Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Hari Lahir Pancasila, Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Pakai Baju Adat Dayak

Rabu, 1 Juni 2022 14:07 WIB
Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto (tengah) didampingi Istri Wiwiek Hargono bersama Forkopimda mengikuti upacara serentak peringatan hari kelahiran Pancasila via virtual, Di Comand Centre Pemerintah Kota Bekasi, Rabu (1/6/2022)
Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto (tengah) didampingi Istri Wiwiek Hargono bersama Forkopimda mengikuti upacara serentak peringatan hari kelahiran Pancasila via virtual, Di Comand Centre Pemerintah Kota Bekasi, Rabu (1/6/2022)

RM.id  Rakyat Merdeka - Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto didampingi Istri Wiwiek Hargono bersama Forkopimda mengikuti upacara serentak peringatan hari kelahiran Pancasila via virtual, Di Comand Centre Pemerintah Kota Bekasi, Rabu (1/6/2022).

Pada acara tersebut, Tri Adhianto bersama Istri, memakai pakaian Adat dayak Kalimantan. Sementara Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Hengki dengan pakaian adat pangsi Betawi, Dandim 0507/Bekasi Letkol Kav. Luluk Setyanto dengan jas Betawi, Sekda Kota Bekasi Renny Hendrawati dengan Kebaya Betawi dan segenap pejabat Pemerintah Kota Bekasi.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila dikomandoi langsung oleh Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan secara offline di Lapangan Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur, dan upacara tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat.

Baca juga : Harlah Pancasila, Wapres Kenakan Pakaian Adat Melayu

Joko Widodo selaku Inspektur Upacara turut memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, presiden menyampaikan alasan kenapa dilangsungkan upacara peringatan hari Pancasila di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur.

"Peringatan Hari lahir pancasila yang biasanya dilakukan di Monumen Pancasila Jakarta kini kita lakukan di Kabupaten Ende NTT, sebagai bentuk penghormatan kepada Soekarno, karena ditempat inilah Ir. Soekarno merumuskan Pancasila, yang sekarang menjadi landasan dasar hidup bernegara," ucap Presiden Jokowi.

Baca juga : Mega: Di Momen Hari Lahir Pancasila Tahun Ini, Kita Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat Dari Pandemi Covid-19

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan, peringatan hari Pancasila bukan hanya sekedar seremonial semata, melainkan ada nilai-nilai Pancasila yang perlu di implementasikan, di aktualisasi kepada seluruh anak bangsa.

"Saya mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk dapat membumikan Pancasila, Peringatan Hari Pancasila bukan hanya sekedar seremonial semata melainkan ada nilai-nilai Pancasila yang harus diterapkan, di aktualisasikan dan di implementasikan," Pungkas Jokowi.

Tri Adhianto bersama Kapolres Metro Bekasi Kota dan Dandim 0507/Kota Bekasi menyatakan siap yang diucapkan secara bersama, siap untuk membumikan Pancasila, menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila, mengaktualisasikan dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.