Dewan Pers

Dark/Light Mode

Anak Muda Papua Puas Terhadap Kinerja Jokowi

Kamis, 9 Juni 2022 14:12 WIB
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak muda Papua mengapresiasi kerja keras pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam membangun kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat.

Mengutip hasil survei Kompas, Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menyebutkan, tingkat kepuasan anak muda terhadap kinerja Pemerintah Pusat dan daerah terkait Pembangunan Papua dan Papua Barat, didominasi tingkat puas dan sangat puas.

"Hasil survei ini memberi konfirmasi bahwa ada apresiasi terhadap pilihan strategi pembangunan yang dijalankan Presiden Jokowi,” kata Jaleswari di gedung Bina Graha Jakarta, Kamis (9/6).

Sebelumnya, Kompas merilis hasil survei tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintah Pusat dan Daerah.

Berita Terkait : Tak Punya Paspor, Perempuan Bangladesh Berenang Ke India

Survei dilakukan pada anak muda (20-39 tahun) di 5 kota di Papua dan Papua Barat. Yaitu, Jayapura, Merauke, Sorong, Manokwari, dan Timika.

Dalam survei tersebut, responden mengaku puas dan sangat puas terhadap kinerja pemerintah pusat dan daerah. Yakni pada bidang politik dan keamanan, penegakan hukum, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan sosial budaya.

Jaleswari mengatakan, Presiden Joko Widodo dalam mengeluarkan kebijakan terkait pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat sangat memperhatikan perspektif anak muda.

Terlebih, ujar dia, anak muda di Papua dekat dengan isu kesejahteraan karena bisa langsung dirasakan manfaatnya.

Berita Terkait : Anak Muda NTT Minta Dibangun Universitas Peradaban Pancasila Di Ende

"Dengan memberikan perhatian kepada generasi muda maka Pemerintah membangun masa depan Papua sejak saat ini,” ujarnya.

Perhatian Presiden terhadap pengembangan potensi anak muda Papua, sambung Jaleswari, dibuktikan dengan pembangunan Papua Your Creative Hub di Jayapura, pada 2 Oktober 2021.

Tempat tersebut diharapkan akan menjadi pusat bagi pengembangan dan pemberdayaan anak-anak muda di Papua.

"Presiden yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan. Itulah tugas pemerintah dan kita semua," tegasnya.

Berita Terkait : Presisi Award Bentuk Apresiasi Terhadap Penegak Hukum

Jaleswari menambahkan, Presiden Joko Widodo telah menempatkan pengembangan sumber daya manusia sebagai prioritas utama, agar bonus demografi Indonesia dapat memberi hasil yang nyata.

Untuk itu, Presiden sangat memberikan perhatian serius terhadap pengembangan potensi anak muda, khususnya di Papua.

Dalam kesempatan itu, Jaleswari kembali menegaskan komitmen Presiden Jokowi dalam menciptakan pembangunan Papua menitikberatkan pada doktrik Indonesia-sentris. Hal ini tertuang dalam Inpres No 9/2020 tentang percepatan pembangunan kesejateraan masyarakat Papua, dan Undang Undang No 2/2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Sebagai implementasinya, Pemerintah bekerja secara fokus pada lima bidang utama, yaitu pembangunan sumber daya manusia, ekonomi lokal, lingkungan hidup, infrastruktur dasar dan digital, serta tata kelola pemerintahan.