Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prabowo-Puan Dinilai Punya Komitmen Sama Dengan Jokowi

Sabtu, 14 Mei 2022 10:54 WIB
Puan Maharani dan Prabowo Subianto/Ist
Puan Maharani dan Prabowo Subianto/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut sebagai king maker atau penentu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres dan Cawapres) untuk Pilpres 2024.

Pilihan rasional kedua tokoh tersebut diperkirakan akan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Puan Maharani sebagai pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2024.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, jika benar dukungan diberikan kepada pasangan Prabowo-Puan pada Pilpres 2024, tentu bukan tanpa alasan. 

Menurutnya, Prabowo dan Puan bisa melanjutkan tongkat estafet sejumlah program pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga : Prabowo Ajak Singapura Kerja Sama Pertahanan Siber

"Pastinya beliau berdua, Pak Prabowo dan Mbak Puan memiliki komitmen yang sama dengan Pak Jokowi. Komitmen Pak Prabowo dan Mbak Puan tidak perlu diragukan untuk melanjutkan tongkat estafet kesinambungan program kerja Pak Jokowi," kata Masinton, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (14/5).

Selain itu, kata Masinton, hubungan Megawati dengan Prabowo sudah terjalin sejak lama. Sehingga, kerja sama PDIP dengan Partai Gerindra sudah tidak perlu diragukan lagi.

"Kalau relasi hubungan Ibu Mega dengan Pak Prabowo itu bukan hubungan baru, itu sudah cukup lama. Jauh sebelum koalisi Pilpres saat itu sudah cukup kenal," terang Masinton.

Selanjutnya, dalam konteks kerjas sama sebagai tokoh, sama-sama ketua umum partai. 

Baca juga : Talasemia Penyakit Keturunan, Kenali Cara Mencegahnya

“Mega dan Prabowo menunjukkan sikap kenegarawanan, modal kebersamaannya sudah ada," katanya.

Meski demikian, kata Masinton, hasil simulai sejumlah lembaga survei terhadap pasangan Prabowo-Puan untuk Pilpres 2024 akan menjadi bahan pertimbangan PDIP maupun Gerindra. Dari sejumlah lembaga survei menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Prabowo-Puan cukup signifikan.

Menurut Masinto, dari berbagai survei yang mensimulasi Prabowo dan Puan, menjadi bahan pertimbangan memutuskan siapa yang akan diusung sebagai capres dan cawapres oleh Megawati sebagai Ketua Umum PDIP.

Sebelumnya, pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Robi Sugara menilai, Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri akan berperan penting dalam pertarungan pemilihan presiden 2024.

Baca juga : Warga Kebon Pala Tetap Langganan Banjir

"Keduanya adalah king maker," ungkap Dosen FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ia menilai, pilihan rasional secara politik dari dua king maker ini adalah memadukan antara Prabowo Subianto-Puan Maharani dalam Pilpres 2014. "Dua pasangan ini sangat berpeluang," ungkap Robi. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.