Dark/Light Mode

Hima Persis Periode 2022/24 Sah Dilantik, Usung Solusi 3 Transformasi

Jumat, 10 Juni 2022 12:57 WIB
Pelantikan PP Hima Persis (Foto: Dok. Hima Persis)
Pelantikan PP Hima Persis (Foto: Dok. Hima Persis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) di bawah kepemimpinan Ilham Nurhidayatullah telah dilantik pada Kamis (9/6), di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Prosesi pelantikan dipimpin Wasekum PP Persis Ustaz Aay Am Furqon yang mewakili Ketua Umum PP Persis KH Aceng Zakaria, yang berhalangan hadir.

Pelantikan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Rijalul Haq, salah seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Persis (STAIPI] Jakarta.

Baca juga : Arema Vs PSM Makassar, Aremania Usung Semangat Persatuan

Rahmat Hakim, selaku Ketua Panitia menyampaikan, momentum ini sangat penting untuk mengawali sebuah gerakan kolektif Hima Persis ke depannya. "Momen ini sangat menentukan untuk kita ke depannya," sebut Rahmat.

Ilham mengungkapkan, tantangan pemuda ke depannya sangatlah kompleks. Bonus demografi harus mampu dikelola oleh negara.

"Ke depan, kita, Indonesia akan menghadapi tantangan yang sangat kompleks. Bonus demografi dan kemajuan teknologi jangan sampai menjadi bumerang bagi bangsa ini," sebut Ilham.

Baca juga : Basi Ah, Stop Spekulasi!

Selanjutnya, dia memaparkan bahwa bonus demografi akan beririsan dengan masifnya penggunaan internet, yang di dalamnya ada sisi negatif seperti fakta maraknya berita hoaks. "Jika ke depannya ada berita-berita hoaks, itu menjadi tanggung jawab kita semua," lanjut Ilham.

Di er disrupsi saat ini, Hima Persis di bawah kepemimpinannya menawarkan solusi yang disebut 3T. Pertama, transformasi Hima Persis dalam aspek organisasi dan perkaderan. Kedua, transformasi pola kerja, strategi dalam aspek ekonomi, dan teknologi. Ketiga, transformasi Indonesia menuju iklim politik yang lebih baik, lebih hemat, dan ramah teknologi seperti yang dicita-citakan para founding father bangsa.

"Selama 2 tahun ke depan, kita akan melakukan transformasi organisasi dan perkaderan yang lebih modern, transformasi ekonomi dan pemaksimalan teknologi dalam berbagai aspek serta transformasi iklim politik," sebutnya.

Baca juga : Menkominfo Ingatkan Pentingnya Esensi Keterbukaan Informasi

Aay Am Furqon menerangkan, di era disrupsi ini, semua pihak harus berhati-hati akan tercerabutnya nilai-nilai dan karakter bangsa akibat pengaruh teknologi. Di sini lain, bangsa ini juga mustahil untuk menolak pengaruh teknologi.

"Disrupsi itu bermakna tercerabut sampai ke akar-akarnya. Di era teknologi ini, jangan sampai kita kehilangan jati diri bangsa," sebut Aay.

Dia melanjutkan, Pancasila adalah solusi bagi bangsa ini. Ekonomi Pancasila yang berbasis kerakyatan dapat menjadi solusi dari masifnya kapitalisasi ekonomi saat ini. "Ekonomi Pancasila yang berasas kerakyatan seperti tertera di pasal keempat," tutup Aay.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.