Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wacana Presiden 3 Periode Dihidupkan Lagi

Basi Ah, Stop Spekulasi!

Jumat, 10 Juni 2022 06:45 WIB
Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi. (Foto : Istimewa).
Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pegiat dunia maya rame ngomongin wacana presiden 3 periode yang dihidupkan lagi oleh Projo. Wacana tersebut dinilai hanya mimpi dan bakal gagal total alias gatot.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie yang menghembuskan wacana terse­but. Kata Budi, masih ada ke­mungkinan Jokowi meneruskan masa jabatannya.

“Saya bilang ke teman-teman Projo, kita harus jeli, jangan-jangan 3 periode, jangan-jangan perpanjangan masa jabatan,” kata Budi.

Menurut Budi, kepemimpinan Jokowi selama menjadi presiden sangat baik. Sehingga, patut un­tuk dilanjutkan. “Mohon maaf, scoring-nya (penerus Jokowi) agak jauh dari Pak Jokowi, masyarakat berpikir kenapa tidak 3 periode saja,” kata dia.

Baca juga : Sambut Pramusim, Persita Masih Incar 1 Lagi Laga Uji Coba

Pernyataan Budi mendapat respons dari kalangan elite poli­tik. Salah satunya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa. Dia menuding, dihembuskannya kembali wacana presiden 3 pe­riode hanya demi jabatan.

Desmond kemudian menyinggung posisi Budi Arie yang kini menjabat Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) di kabinet Jokowi. “(Untuk) kepentingan pribadi mereka,” katanya.

Desmond menilai, Budi Arie telah abai terhadap konstitusi terkait ide presiden 3 periode yang kembali dihidupkan

Senada diungkapkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief. Dia bilang, ide 3 periode proyek mimpi dari seorang Ketum Projo Budi Arie.

Baca juga : Mata Duitan, Presiden La Liga Kecam Mbappe

Andi menilai, Ketua Umum Projo hanya hendak menjerumuskan Jokowi dengan menghembuskan wacana 3 periode.

Netizen menolak wacana ja­batan presiden 3 periode.

Akun @hnurwahid mengungkapkan, wacana presiden 3 periode sudah basi dan tidak mungkin terealisasi. Apalagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU), DPR dan Pemerintah sudah mufakat, semua jadwal dan pentahapan Pemilu 2024.

“Pendaftaran parpol peserta Pemilu, calon anggota DPR dan DPRD, DPD dan capres/cawapres sudah mufakat. Hentikan spekula­si presiden 3 periode,” katanya.

Baca juga : Daripada Sakit, Segera Vaksin!

Akun @AyundaCello meno­lak wacana masa jabatan presi­den tiga periode. Dia mengung­kit kembali pernyataan Jokowi terkait niat orang-orang yang ingin jabatan presiden menjadi 3 periode.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.