Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wacana Presiden 3 Periode Dihidupkan Lagi

Basi Ah, Stop Spekulasi!

Jumat, 10 Juni 2022 06:45 WIB
Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi. (Foto : Istimewa).
Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pegiat dunia maya rame ngomongin wacana presiden 3 periode yang dihidupkan lagi oleh Projo. Wacana tersebut dinilai hanya mimpi dan bakal gagal total alias gatot.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie yang menghembuskan wacana terse­but. Kata Budi, masih ada ke­mungkinan Jokowi meneruskan masa jabatannya.

“Saya bilang ke teman-teman Projo, kita harus jeli, jangan-jangan 3 periode, jangan-jangan perpanjangan masa jabatan,” kata Budi.

Menurut Budi, kepemimpinan Jokowi selama menjadi presiden sangat baik. Sehingga, patut un­tuk dilanjutkan. “Mohon maaf, scoring-nya (penerus Jokowi) agak jauh dari Pak Jokowi, masyarakat berpikir kenapa tidak 3 periode saja,” kata dia.

Pernyataan Budi mendapat respons dari kalangan elite poli­tik. Salah satunya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa. Dia menuding, dihembuskannya kembali wacana presiden 3 pe­riode hanya demi jabatan.

Desmond kemudian menyinggung posisi Budi Arie yang kini menjabat Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) di kabinet Jokowi. “(Untuk) kepentingan pribadi mereka,” katanya.

Berita Terkait : Sambut Pramusim, Persita Masih Incar 1 Lagi Laga Uji Coba

Desmond menilai, Budi Arie telah abai terhadap konstitusi terkait ide presiden 3 periode yang kembali dihidupkan

Senada diungkapkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief. Dia bilang, ide 3 periode proyek mimpi dari seorang Ketum Projo Budi Arie.

Andi menilai, Ketua Umum Projo hanya hendak menjerumuskan Jokowi dengan menghembuskan wacana 3 periode.

Netizen menolak wacana ja­batan presiden 3 periode.

Akun @hnurwahid mengungkapkan, wacana presiden 3 periode sudah basi dan tidak mungkin terealisasi. Apalagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU), DPR dan Pemerintah sudah mufakat, semua jadwal dan pentahapan Pemilu 2024.

“Pendaftaran parpol peserta Pemilu, calon anggota DPR dan DPRD, DPD dan capres/cawapres sudah mufakat. Hentikan spekula­si presiden 3 periode,” katanya.

Berita Terkait : Mata Duitan, Presiden La Liga Kecam Mbappe

Akun @AyundaCello meno­lak wacana masa jabatan presi­den tiga periode. Dia mengung­kit kembali pernyataan Jokowi terkait niat orang-orang yang ingin jabatan presiden menjadi 3 periode.

 

“Orang yang ngomong jaba­tan 3 periode itu ingin menampar muka Jokowi, cari muka, dan ingin menjerumuskan saja,” ungkapnya.

“Padahal masih 2 tahun lagi, bukannya kerja yang benar, perbaiki yang kurang, selesaikan masalah-masalah yang ada, ke­naikan harga sembako,” kata @ Rstopxyz321.

Akun @Iwan72881967 mem­inta Projo tidak bicara macam-macam lagi. Projo hanya sebatas kelompok, relawan atau organisasi masyarakat (ormas) yang belum punya kekuatan besar dalam ranah politik. “Jadi partai dulu dah Partai Projo,” ujarnya.

Akun @pejuangnkri77 meng­ingatkan, jabatan presiden menjadi 3 periode tidak mudah direalisasikan. Karena harus mengubah Undang-Undang Dasar (UUD). Dia tidak yakin Projo mampu melawati jalan-jalan tersebut.

“Bingung ya nggak ada yang deal proposalnya,” kata @aminoto7. “Orang-orang yang mendukung jabatan presiden 3 pe­riode ini cuma kelompok yang sedang cari muka,” cetus @ yoes55650410.

Berita Terkait : Daripada Sakit, Segera Vaksin!

Akun @Rizmaya__ mengingatkan, jangan sampai Presiden @ jokowi dilempari aib dengan wa­cana Jokowi 3 Periode. Jika benar Projo mencintai Jokowi, lepaskan saja pada masa jabatannya bera­khir dengan kepala tegak. “Kita dukung Jokowi dua periode, kita dukung konstitusi,” tukasnya.

Akun @Julian303 melihat Projo sedang galau. Sehingga, melempar kembali wacana pres­iden 3 periode. “Merapat ke Ganjar Pranowo, eh begitu saja. Jokowi 3 periode belum pasti. Lama-lama Projo dukung Anies Baswedan,” ungkapnya.

Menurut @Christi28566166, Projo sedang cari muka. Dia menegaskan, @jokowi taat aturan dan konsekuen pada pendirian. Saat ini, Jokowi se­dang fokus dengan kerja agar ada nama baik yang dikenang sejarah selama menjadi presi­den. “Kok malah ada lagi isu 3 periode. Ini aneh dan ngeyel,” katanya. [ASI]