Dark/Light Mode

17 Agustus Indonesia Merdeka Dari Pandemi, Amin

Sabtu, 11 Juni 2022 07:05 WIB
Virus Corona 17 Agustus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RECSTOCKFOOTAGE).
Virus Corona 17 Agustus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RECSTOCKFOOTAGE).

 Sebelumnya 
Bagi @Cah_kalongan1, sebenarnya Indonesia sudah masuk fase transisi menuju endemi Covid-19. “Salah satu indikatornya, masyarakat sudah diizinkan membuka masker di luar ruangan,” kata dia.

Akun @ester_w44 mendukung langkah Pemerintah yang tidak tergesa-gesa me­nentukan status endemi Covid-19. Sikap Pemerintah yang bijak dalam melangkah dan mengambil sikap atas pandemi Covid sudah tepat.

“Setiap masyarakat Indonesia harus sudah divaksin Covid-19 untuk kesia­pan menuju endemi Covid-19,” saran @dwirama8900.

Baca juga : HNW: Forum Majelis Syuro Dunia Perkuat Diplomasi Parlemen

Akun @Polres_Paser mengingatkan, untuk bisa transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi, ada banyak pertimbangan. Di antaranya, harus dikoordinasikan dengan WHO atau Badan Kesehatan Dunia.

Selain harus dikoordinasikan dengan WHO, lanjut @lawancovid19_id, transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi, mengharuskan adanya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan, serta per­timbangan sosial, ekonomi dan politik.

“Juga memenuhi 3 faktor transmisi komunitas dari WHO berada di level 1 se­lama 3 bulan berturut-turut. Faktor yang dimaksud adalah jumlah kasus per 100 ribu orang, jumlah pasien rawat inap per 100 ribu orang, dan jumlah pasien menin­ggal per 100 ribu orang,” jelasnya.

Baca juga : Bersama Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Akun @ProfessorZubairi menjelaskan, endemi bukan berari Covid-19 menghi­lang. Covid tetap ada. Tapi, karena se­bagian besar masyarakat sudah divaksin lengkap, kalau terinfeksi, kemungkinan hanya batuk pilek bersin saja.

“Tidak masalah status endemi maupun pandemi Covid-19, yang penting tetap bisa Work From Home (WFH). Mau virus apapun kalau interaksi orang dibatasi lumayan mencegah,” kata @hirzi.

Sebenarnya, kata @antiee, masih banyak masyarakat yang kena Covid-19. Hanya saja, mereka tidak mau tes Covid-19. Dia bilang, masyarakat sekarang merasakan gejala Covid memilih diam ketimbang melakukan tes Covid. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.