Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Petugas Haji Berikan Layanan Terbaik Bagi Jemaah Risiko Tinggi

Sabtu, 18 Juni 2022 23:44 WIB
Jemaah Risti akan dilakukan pemeriksaan di KKHI Daker Makkah
Jemaah Risti akan dilakukan pemeriksaan di KKHI Daker Makkah

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi jemaah.  Salah satunya pelayanan spesialis jemaah kategori resiko tinggi (risti) karena penyakit komorbid dari Tanah Air.  

Pelayanan spesialis jemaah risti ini difasilitasi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). 

“Ini merupakan upaya kita untuk mendekatkan layanan kesehatan spesialis bagi jemah haji,” ujar Kepala Seksi KKHI Daker Makkah, Muhammad Imran di Makkah, Jumat (17/6).

Baca juga : Pemerintah Siapkan Layanan Safari Wukuf Untuk Jemaah Haji Yang Sakit

“Jadi kita menjemput jamaah haji yang risti ke KKHI untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” lanjutnya.

Dikatakan Imran, sebelumnya, jemaah risti dilakukaan screening oleh dokter kloter dan Emergency Medical Team (EMT) di Sektor, jemaah yang diseleksi tersebut dibawa ke KKHI untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut, pemeriksaan penunjang, laboratorium dan obat-obatan spesialistik.

Menurut Imran, jemaah risti sudah bawa penyakit bawaan dari Tanah Air, sebagian besar menderita hipertensi, diabetes dan jantung. “Ini tiga penyakit yang ada di jemaah kita tahun ini,” katanya.

Baca juga : Telkom Perluas Layanan Kesehatan Sampai Sampang

Dijelaskan Imran, penyakit komorbid ini yang berisiko menyebabkan mereka tidak bisa menyelesaikan ibadahnya dengan sempurna karena ada keterbatasan,” jelasnya.

“Agar mereka bisa menyelesaikan ibadahnya dengan sempurna kita memberi layanan terbaik buat mereka, dan mereka bisa melaksanakan rukun haji dengan baik,” sambung Imran.

Ditanya, apakah pemeriksaan lanjutan ini dilakukan berkala, Imran mengatakan bahwa pemeriksaan khusus bagi jemaah risti ini akan jadi program berjalan berkala. 

Baca juga : Gus Jazil Dan Muzani Ziarah Bareng Ke Makam Kiai Dimyati Rois

“Hari ini ada 25 risti, besok kita lanjutkan lagi kloter berikutnya. Ini upaya kita untuk menekan angka kematian jemaah haji kita,” tandasnya.  
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.