Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gus Jazil Dan Muzani Ziarah Bareng Ke Makam Kiai Dimyati Rois

Jumat, 17 Juni 2022 13:48 WIB
Wakil Ketua MPR yakni Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB dan Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra melakukan ziarah bersama ke Makam Mustasyar PBNU yang juga Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH. Dimyati Rois di Kompleks Pondok Pesantren Al Fadllu Wal Fadlilah 2, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (16/6) malam. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR yakni Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB dan Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra melakukan ziarah bersama ke Makam Mustasyar PBNU yang juga Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH. Dimyati Rois di Kompleks Pondok Pesantren Al Fadllu Wal Fadlilah 2, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (16/6) malam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua Wakil Ketua MPR yakni Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB dan Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra melakukan ziarah bersama ke Makam Mustasyar PBNU yang juga Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH. Dimyati Rois di Kompleks Pondok Pesantren Al Fadllu Wal Fadlilah 2, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (16/6) malam.

Usai berziarah, keduanya kemudian secara bersama-sama mengikuti acara doa bersama yang digelar dalam rangka hari ke-7 wafatnya Abah Dim, sapaan akrab KH Dimyati Rois, di Komplek Pondok Pesantren Al Fadllu 1 di Jagalan, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

Ikut hadir mendampingi anggota DPR dari Fraksi PKB Maman Imanulhaq, anggota DPR  Fraksi Gerindra Abdul Wahid, dan sejumlah jajaran DPD Partai Gerindra Jawa Tengah.

Peringatan ke-7 hari wafatnya Abah Dim juga dihadiri ribuan masyarakat, termasuk para ulama di antaranya Mustasyar PBNU KH. Musthofa Bisri (Gus Mus), Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri KH. Abdulllah Kafabihi Mahrus, dan sejumlah tokoh lain.

Baca juga : Masyarakat Dan Ratusan Pelajar Iringi Jenazah Eril Menuju Permakaman Keluarga

Kepada wartawan, Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid mengatakan bahwa dirinya memang diajak oleh Ahmad Muzani untuk bersama-sama hadir dalam acara doa bersama peringatan 7 hari wafatnya Abah Dim, sekaligus berziarah ke pusara ulama kharismatik yang wafat Jumat (10/6) lalu.

"Pak Muzani sahabat saya, Gerindra dan PKB selama ini juga masuk dalam satu barisan, tentu ketika Pak Muzani mengajak saya untuk mendampingi ke pesarean Mbah Dim, tentu dengan senang hati," ungkap Gus Jazil.

Wakil Ketua Umum DPP PKB ini mengatakan bahwa Abah Dimyati Rois merupakan ulama panutan yang sepanjang hidupnya digunakan untuk berdakwah, mengembangkan pesantren dan mendidik masyarakat.

Selain sebagai ulama, Abah Dim juga mendedikasikan hidupnya dalam perjuangan di jalur politik dengan posisi terakhir sebagai Ketua Dewan Syuro DPP PKB. 

Baca juga : Wapres Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Kiai Dimyati Rois

"Saya sempat mencium tangan beliau terakhir di Surabaya ketika acara doa bersama untuk perdamaian dunia dan halal bi halal yang digelar Gus Muhaimin. Beliau memang sudah tidak banyak menyampaikan orasi, tapi menyampaikan doa," ceritanya.

"Dalam kondisi selemah itu saat itu, beliau tetap di medan juang. Dalam kondisi sudah tidak mampu dan harus ditandu, beliau masih kokoh di medan juang. Ini yang menjadi contoh, teladan kepada anak-anak muda, khususnya yang berjuang di dunia politik," ungkapnya.

Sementara itu, Ahmad Muzani yang juga Sekjen Partai Gerindra mengatakan bahwa KH. Dimyati Rois adalah sosok ulama panutan yang saleh, memiliki ilmu yang dalam dan kharismatik.

"Bukan hanya umat Islam yang kehilangan, tapi juga bangsa Indonesia. Beliau adalah Ketua Dewan Syuro DPP PKB, tapi bukan hanya keluarga besar Partai Kebangkitan Bangsa yang merasa kehilangan atas sosok ulama tersebut, tapi Pak Prabowo dan kami keluarga besar Partai Gerindra juga turut kehilangan atas wafatnya beliau," ungkapnya.

Baca juga : Ganjar Nunggu Ditraktir Tiket

Dirinya hadir berziarah ke makam Abah Dim untuk berdoa agar almarhum husnul khotimah.

"Semoga keluarganya diberi kekuatan dan semua amal beliau, semua santri-santri bisa melanjutkan cita-cita perjuangan beliau. Kita semua yang ditinggal bisa melanjutkan perjuangan beliau," katanya.

Ditanya mengenai alasannya mengajak Waketum PKB Jazilul Fawaid, Muzani mengatakan, dia dan Gus Jazil sama-sama wakil ketua MPR.

"Saya minta beliaui ngancani bareng. Pas hari ini waktunya 7 hari (meninggalnya Abah Dim), malam Jumat, insyaallah ini malam baik. Pada hari yang baik ini mudah-mudahan itikad-itikad baik antara kami dan beliau, mudahan-mudahan itikad baik antara Partai Gerindra dan PKB mendapatkan barokah KH. Dimyati Rois, mendapatkan ridha Allah SWT," doanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.