Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Minat Baca Anak, DBI Gelar Workshop Big Book Di Kaltim

Senin, 20 Juni 2022 08:30 WIB
Workshop pembuatan Big Book bersama Duta Baca Indonesia (DBI), yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, Minggu (19/6). (Foto: Dok. Perpusnas)
Workshop pembuatan Big Book bersama Duta Baca Indonesia (DBI), yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, Minggu (19/6). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kreativitas pustakawan, guru, dan orang tua menentukan perkembangan budaya baca anak. Karena itu, mereka dituntut untuk terus menghadirkan inovasi dan terus mengasah kreativitas.

Demikian salah satu intisari dalam workshop pembuatan Big Book bersama Duta Baca Indonesia (DBI) melalui pemanfaatan kardus berkas yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (19/6). 

Wakil Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kaltim Fitri Susilowati mengatakan, Big Book telah terbukti efektif bermanfaat untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Di antaranya mengajar lebih kreatif dan menyenangkan.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas, Lulusan Unas Siap Hadapi Transformasi Digital

“Murid mendapatkan suasana kreatif dan menyenangkan. Mengembangkan potensi belajar lebih maksimal, dan mengenalkan kosa kata lebih maksimal,” ujar Fitri.

Kehadiran Duta Baca Indonesia (DBI) Gol A Gong menambah antusiasme peserta. Gol A Gong pun turun tangan langsung membagikan sejumlah pengalaman dan pesan edukasi sesi praktik pembuatan Big Book.

Ia berpesan, sebelum membuat Big Book, para pustakawan, orang tua, dan guru harus menentukan terlebih dahulu tema yang akan dibuat. Tujuannya, agar anak mampu mendapatkan pelajaran yang menjadi inti dari pembuatan Big Book.

Baca juga : Tumbuhkan Minat Baca Anak, Sarana Jaya Resmikan Taman Baca Samawa

Big Book dapat dikembangkan. Seperti membuat aneka permainan harta karun, sebagai alat peraga mendongeng atau buku cerita bergambar.

“Caranya, cukup sederhana dan mudah. Manfaatkan saja kardus bekas, lalu asah kreativitas sehingga menjadi sesuatu yang menarik dan mampu memantik minat membaca anak-anak mau pun para murid,” jelas Gol A Gong.

Ketua Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Taufik mengatakan, Workshop Big Book Duta Baca Indonesia merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kreativitas pustakawan, guru, dan orang tua dalam menumbuhkan kegemaran baca kepada anak-anak dengan cara yang unik.

Baca juga : BPH Migas Cek Pasokan Gas Bumi Untuk Industri Di Batam

Berkaitan dengan pustakawan, Anggota Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian, yang turut hadir pada kegiatan Big Book, menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan kesejahteraan pustakawan. Hetifah berpesan agar seluruh pustakawan tidak putus asa berkreasi, beradaptasi dengan kemajuan, sehingga tidak ketinggalan peradaban dan mampu memberikan layanan perpustakaan yang inklusif.

“Kinerja Perpustakaan Nasional sudah sangat baik. Terbukti hari ini program kegiatan yang diinisiasi Duta Baca Indonesia mampu memberikan dampak yang besar dan dirasakan oleh masyarakat,” ucap Hetifah, didampingi Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.