Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Ganjar, 2.000 Ulama & Kiai Di Madura Minta Parpol Dengar Aspirasi

Minggu, 26 Juni 2022 08:31 WIB
Deklarasi ulama Madura mendukung Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren Abu Syamsuddin, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (25/6). (Foto: Istimewa)
Deklarasi ulama Madura mendukung Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren Abu Syamsuddin, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (25/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Lora Madura (HILMA) bersama 2.000 ulama dan kiai se-Madura mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. Dalam rangkaian deklarasi, mereka juga menggelar Istighosah Kebangsaan dalam rangka mendukung dan mendoakan Ganjar agar sukses menjadi Presiden 2024.

Deklarasi diadakan di Pondok Pesantren Abu Syamsuddin, Dusun Batu Ampar, Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (25/6). Menurut Ketua Umum HILMA KH Jakfar Shodiq Fauzi, Ganjar didukung karena merupakan figur pemimpin yang sederhana dan kuat.

Ganjar juga dekat dengan ulama dan umat Islam. Salah satu buktinya, Ganjar menggandeng Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin, putra KH Maimun Zubair alias Mbah Maimoen, untuk dijadikan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga : 2000 Ulama & Kiai Madura Gelar Istighosah Dukung Ganjar Presiden 2024

"Dia cinta dan dekat dengan ulama. Insya Allah kiai dan ulama se-Madura suka dengan beliau. Karena di Madura, sekitar 60 persen adalah alumni atau pernah belajar ke Mbah Maimoen," kata Jakfar, usai deklarasi, seperti keterangan yang diterima redaksi, Minggu (26/6).

Menurut Jakfar, Ganjar merupakan sosok yang punya ketegasan sikap terhadap kelompok radikal intoleran, serta komitmen terhadap Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Forum Silaturahmi Ulama dan Kiai Madura pun telah siap mengawal dan memenangkan Ganjar sebagai Presiden 2024.

"Mendorong partai politik untuk mendengarkan aspirasi ulama dan kiai dalam mengusung capres demi Indonesia yang lebih baik," tegas Jakfar, dalam sambutannya.

Baca juga : CIPS Minta UU Perlindungan Konsumen Segera Direvisi

Menurut dia, ulama dan kiai yang hadir sebanyak 2.000 orang. Mereka perwakilan dari ulama, kiai, dan lora se-Madura. "Yang hadir ulama, kiai, lora, santri dan masyarakat, ada 2.000 lebih," ucapnya.

Jakfar menjelaskan, Madura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau Madura terbagi menjadi empat wilayah yaitu Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep. Sementara, lora merupakan istilah di Madura, bisa diartikan sebagai anak seorang kiai atau gus apabila di Jawa.

Deklarasi dukungan dibacakan dan dipandu pengasuh Ponpes Abu Syamsuddin Batu Ampar, Kiai Hambali Mawardi. Dalam deklarasi, HILMA dan ribuan ulama serta kiai mengajak kepada masyarakat Indonesia, khususnya Madura yang cinta Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila, untuk memenangkan Ganjar dalam Pilpres 2024. "Menghimbau kepada tokoh masyarakat, khususnya, ulama, kiai dan, lora untuk mensosialisasikan dan memenangkan Ganjar," ujar Hambali, yang diikuti peserta deklarasi.

Baca juga : Dukung Ganjar Capres, Srikandi DIY Gelar Panggung Kebudayaan

Kiai dan ulama yang hadir dalam deklarasi di antaranya, Kiai Umar dari Ponpes Al Fatih, Labang, Bangkalan; KH Abdul Hannan dari Ponpes Al Ihsani, Labang Bangkalan; KH Madzkur, pengasuh Ponpes Annajah Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, yang dalam kegiatan itu membuka acara; dan KH Mohammad Mawardi, pengasuh Pondok Pesantren Tahfidul Quran Al Ibrohimi, Basoka, Kabupaten Sumenep, yang dalam acara sebagai pemimpin istighasah.

Sementara, doa penutup dibacakan KH Mohammad Rofiq Zaini, pimpinan Majelis Dzikir Nur Alif, Klaba'an, Guluk-Guluk, Sumenep. Lalu, KH Abdul Wafi Abdul Bar dari Ponpes Wahediyah, Gunung Perahu, Omben, Kabupaten Sampang, dan KH Madzkur selaku Pengasuh PP Annajah, Sumenep.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.