Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fenomena Sunny Dukung Anies, Ini Kata Hensat

Jumat, 1 Juli 2022 12:02 WIB
Founder KedaiKopi Hendri Satrio. (Foto: ist)
Founder KedaiKopi Hendri Satrio. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Terbukanya informasi bahwa pendiri PSI, Sunny Tanuwidjaja berada dalam barisan pendukung Anies Baswedan akan membuat tren baru dalam politik jelang Pilpres. Yaitu makin terbukanya pendukung Anies Baswedan dalam menyuarakan pilihannya.

Begitu kata Founder KedaiKopi Hendri Satrio di Jakarta, Jumat (1/7).

Menurut dia, keterbukaan dalam menyuarakan dukungan terbuka pada Capres selama ini hanya dilakukan oleh pendukung Presiden Jokowi yang beralih mendukung Ganjar Pranowo atau beberapa pendukung Ketum Parpol yang tersandera dalam memberikan dukungan untuk Capres lain selain hanya untuk sang Ketum tersebut.

Baca juga : Gubernur Riau Dukung Pelaksanaan Vaksinasi PMK Hewan Ternak

“Fenomena Sunny akan mendorong pendukung Anies Baswedan yang selama ini diam tak banyak bicara akhirnya keluar untuk bergabung bersama gelombang perubahan yang hangat dibicarakan masyarakat,” ujar Dosen Universitas Paramadina itu.

Hensat-sapaan Hendri Satrio-mengatakan, fenomena Sunny juga akan berimbas positif pada beberapa parpol yang mendukung Anies. Baik yang nyata memberikan dukungan seperti Nasdem atau parpol yang konstituennya sudah mendukung tapi masih menunggu waktu tepat untuk mendeklarasikan dukungan kepada Anies Rasyid Baswedan seperti Demokrat, PPP ataupun PKS.

Masyarakat pasti mengharapkan fenomena Sunny ini yang menggambarkan kebebasan menentukan pilihan capres juga terasa dan terlihat oleh Mahkamah Konstitusi yang akhirnya bisa mengabulkan permohonan Pemilihan Presiden tanpa ambang batas.

Baca juga : Menpora: Ayo Dukung Timnas Basket Indonesia Di FIBA Asia Cup 2022

“Apakah fenomena Sunny ini mengagetkan banyak orang? Menurut Saya tidak, sebab inilah indahnya demokrasi di Indonesia,” bebernya.

Dia berharap, setelah fenomena Sunny ini meluncur ke permukaan pendukung Capres lain seperti pendukung Puan Maharani, Rizal Ramli, Ridwan Kamil, Susi Pudjiastuti, Abraham Samad, Firli Bahuri, Khofifah Indar Parawansa mau ikut terpancing suara rakyat dan muncul ke permukaan.

Untuk diketahui, sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyebut Sunny Tanuwidjaja mundur dari PSI karena mendukung Anies Baswedan jadi Presiden.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.