Dark/Light Mode

Laporan Pelaksanaan Haji, 50 Persen Jemaah Sudah Pulang ke Indonesia

Sabtu, 30 Juli 2022 19:20 WIB
Rapat evaluasi menyeluruh pelaksaan haji di Kantor Urusan Haji (KUH), Jeddah, Arab Saudi, Jumat (29/7). (Foto: dok. Kemenag)
Rapat evaluasi menyeluruh pelaksaan haji di Kantor Urusan Haji (KUH), Jeddah, Arab Saudi, Jumat (29/7). (Foto: dok. Kemenag)

 Sebelumnya 
Pembatasan usia jemaah juga sedang dikaji karena di Indonesia saat ini terdapat 750 ribu jemaah lansia yang juga harus difasilitasi secara proporsional.

“Jangan sampai haji ini eksklusif, kecuali ada faktor terkait protokol kesehatan. Misalnya tahun ini dibatasi usia 65 tahun,” ujarnya.

Baca juga : Terima Rosan Roeslani, Bamsoet Dorong Pengusaha AS Investasi di Indonesia

Yang pasti, kata Hilman, evaluasi haji tahun ini menunjukkan tingkat kepuasan jemaah meningkat. Pihaknya tidak menilai sendiri tapi dari PHU memastikan prosedur yang kita tentukan bisa dijalankan.

"Aturan terkait pelayanan juga dijalankan. Apakah jemaah puas? Insya Allah kami sedang meminta lembaga independen untuk mensurvei,” ujar Hilman.

Baca juga : 33 Ribu Jemaah Haji Sudah Pulang ke Tanah Air, 21 Ribu ke Madinah

Sementara itu Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU, Saiful Mujab mengatakan, untuk kepulangan, seluruh debarkasi dan asrama haji juga telah siap menyambut jemaah.

Setiap jemaah yang datang di bandara langsung kami arahkan ke asrama haji dan kita kasih zamzam lima liter.

Baca juga : Garmin Resmi Perkenalkan Klub Lari Eksklusifnya Di Indonesia

"Seluruh jemaah juga langsung dilakukan swab antigen. Jika menemukan ada yang positif Covid-19, maka langsung dilakukan pemisahan jemaah," ujar Saiful. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.